Kapolri Bicara Ketahanan Nasional di Acara Pemuda Muhammadiyah di Manado

Herianto Batubara - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 22:00 WIB
Kapolri di acara Tanwir I Pemuda Muhammadiyah di Manado
Foto: Kapolri di acara Tanwir I Pemuda Muhammadiyah di Manado (ist)
Manado -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir dalam acara Tanwir I Pemuda Muhammadiyah yang digelar di Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Dalam agenda ini, Kapolri mengajak Pemuda Muhammmadiyah bersinergi dengan Polri dalam mewujudkan ketahanan nasional.

Tanwir I Pemuda Muhammadiyah bertema 'Dakwah Kolaboratif untuk Kemajuan Bangsa' ini digelar di Gedung Convention Center Novotel Manado, Jumat (2/4/2021). Kapolri menjadi narasumber dalaam dialog pra-pembuka dengan tema 'Peran Pemuda Muhammadiyah Dalam Membangun Ketahanan Nasional'.

Di awal sambutannya, Sigit yang mengenakan peci warna hitam bicara soal komitmennya hadir secara langsung ke acara ini. Dia menilai acara ini penting, sekaligus untuk menyampaikan berbagai isu aktual. Dia juga menyampaikan sejumlah hal strategis yang bisa dilakukan Pemuda Muhammadiyah dalam membangun ketahanan nasional.

Eks Kabareskrim Polri ini menyampaikan berbagai persoalan yang kini dihadapi bangsa mulai dari radikalisme, terorisme, hingga penanganan pandemi COVID-19. Ancaman, tantangan dan gangguan yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara menurutnya bisa diatasi jika semua pihak ambil bagian mewujudkan ketahanan nasional.

Kapolri di acara Tanwir I Pemuda Muhammadiyah di ManadoFoto: Kapolri di acara Tanwir I Pemuda Muhammadiyah di Manado (ist)

"Jadikan terorisme dan Pandemi COVID-19 sebagai musuh bersama untuk meningkatkan ketahanan negara dan mewujudkan visi Indonesia maju dan Indonesia emas," kata Sigit dalam rilis yang diterima detikcom.

Menurut Sigit, Pemuda Muhammadiyah merupakan ujung tombak dari Muhammadiyah dalam menyebarkan dakwah. Dia berharap Pemuda Muhammadiyah terus berperan aktif mengingatkan dan melindungi masyarakat dari paham radikal.

"Pemuda Muhammadiyah merupakan ujung tombak dari Muhammadiyah menyebarkan dakwah untuk mengajak kembali kepada ajaran Islam berdasarkan Quran dan Hadist. Penyimpangan-penyimpangan ajaran agama yang terjadi belakangan ini, tentunya tidak sesuai dengan ajaran Islam yang merupakan Rahmatan Lil Alamin yang membawa rasa kedamaian. Harapannya Pemuda Muhammadiyah dapat menjadi motor penggerak dan percontohan bagi Ormas Islam dan organisasi kepemudaan lainnya dalam rangka menjaga persatuan dan merawat kebhinekaan," ujarnya.

Selain itu, Sigit juga bicara soal program vaksinasi yang digalakkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia berharap Pemuda Muhammadiyah turut mendukung program ini agar setiap warga negara terlindungi.

"Momentum penanganan pandemi menjadi lompatan besar agar Indonesia setara dengan negara-negara maju lain," ujarnya.

Dalam acara tersebut, Kapolri juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemuda Muhammadiyah sampai saat ini kepada Polri . Dia berharap Pemuda Muhammadiyah terus berpartisipasi aktif dalam mencegah perpecahan dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Saya mengajak seluruh Pemuda Muhammadiyah untuk mendukung setiap langkah dan upaya Polri dalam mewujudkan Indonesia Maju," ujarnya.

(hri/fjp)