detikcom Do Your Magic

Before-after Rak #ParkiruntukSepeda Stasiun KRL Jakarta dan Sekitarnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 16:05 WIB
Ilustrasi parkir untuk sepeda. (Mindra Purnomo/Infografis detikcom)
Ilustrasi parkir untuk sepeda. (Mindra Purnomo/Infografis detikcom)
Jakarta -

Akhirnya, harapan pesepeda pengguna KRL diwujudkan. PT KAI telah menyediakan rak #ParkiruntukSepeda di stasiun-stasiun KRL kawasan Jakarta dan sekitarnya.

detikcom Do Your Magic memberitakan soal dorongan adanya parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL sejak 21 Januari 2021. Hingga Kamis (1/4/2021) hari ini, sudah ada 29 berita bertemakan penyediaan parkir untuk sepeda.

Selain pengguna sepeda yang sering menggunakan layanan KRL via Stasiun, detikcom juga bertanya ke pakar, yakni peneliti dari Pusat Studi Perkotaan Nirwono Joga dan Direktur Asia Tenggara Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Faela Sufa. Semuanya mendukung penyediaan parkir sepeda.

26 Januari 2021, harapan mulai menemui realisasi. PT KAI menyatakan sudah punya rencana penyediaan parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL. Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa. Pihak anak perusahaan PT KAI yang mengurusi parkir sepeda adalah PT Reska Multi Usaha (RMU).

Akhirnya, mulai pertengahan Februari, rak parkir untuk sepeda disediakan oleh PT KAI. Ada 22 stasiun kereta di wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta yang sudah punya rak parkir sepeda baru.

Berikut adalah perbandingan kondisi parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL kawasan Jakarta, Depok, dan Bekasi, sebelum (before) dan sesudah (after) penyediaan rak parkir sepeda:

Tonton juga Video "Parkir Sepeda di Stasiun Tebet: Dulu Dirantai, Kini Ada Raknya":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2