Ketua Majelis Sidang Habib Bahar Bin Smith Masuk Bursa Hakim Agung

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 11:10 WIB
Update gedung MA, Kamis (7/4/2016).
Gedung Mahkamah Agung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi (PT) Palembang, Edison Muhamad, masuk bursa calon hakim agung 2021. Namanya sempat menghiasi media massa saat menjadi ketua majelis yang mengadili Habib Bahar bin Smith. Siapakah Edison Muhamad?

Nama Edison Muhamad lolos seleksi administrasi calon hakim agung 2021. Berdasarkan catatan detikcom, Kamis (1/4/2021), Edison Muhamad lahir pada 25 Maret 1962. Dia pernah menjadi Ketua PN Banjarmasin. Sejak 2006, Edison Muhamad sudah mengantongi lisensi hakim untuk mengadili kasus-kasus perkara korupsi.

Edison Muhamad juga pernah menjadi Wakil Ketua PN Jakbar. Salah satu figur publik yang dia adili adalah Ridho Rhoma di kasus narkoba. Sejak 17 September 2018, Edison Muhamad ditugaskan menjadi Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

Saat menjadi Ketua PN Bandung, Edison Muhamad turun gunung menjadi ketua majelis perkara Habib Bahar. Saat memimpin, dia dikenal tegas. Selain itu, gayanya dikenal tegas dalam mengatur ritme sidang. Hal tersebut terlihat saat hendak menutup sidang Habib Bahar bin Smith pada Maret 2019.

Edison Muhamad memerintahkan para pengacara memberikan tanggapan sebelum sidang ditutup. Berdirilah seorang pengacara yang ada di bagian belakang.

"Mohon diberi kesempatan 3 menit. Ada sebuah hukum positif yang harus dilaksanakan untuk mencapai keadilan. Apa itu? KUHAP. Di sini dihubungkan dengan klien kami, adalah..," kata si pengacara.

Namun, belum selesai si pengacara berbicara, Edison langsung memotong dengan nada tegas.

"Cukup, cukup, cukup," kata Edison mengulangi kata-katanya hingga tiga kali.

Mendapati nada tinggi ketua majelis, semua pengunjung sidang terdiam.

"Kami tidak ada debat kusir. Mau KUHAP dan sebagainya, masukkan ke sana, setuju? Saudara kupas lengkap di sana. Setuju, Saudara?" tanya Edison kepada penasihat hukum dan jaksa, yang langsung diiyakan.

Simak juga 'KY Gandeng KPK Telusuri Rekam Jejak Calon Hakim Agung':

[Gambas:Video 20detik]