Zakiah Aini Serang Mabes Polri, Ini Deretan Teror ke Kantor Polisi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 08:52 WIB
Suasana gedung Mabes Polri pascapenyerangan terduga teroris di Jakarta, Rabu (31/3/2021). Mabes Polri memperketat penjagaan pascaserangan dari terduga teroris yang tewas di tempat usai baku tembak. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Suasana Mabes Polri pasca-penyerangan kemarin (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Serangan yang terjadi di Mabes Polri kemarin menjadi aksi teror ke sekian kali yang menyasar kantor polisi. Zakiah Aini, pelaku penyerangan Mabes Polri, kemarin pun tewas dalam baku tembak dengan polisi.

Zakiah Aini beraksi sendirian. Dia dilumpuhkan setelah sempat meletuskan senjata apinya enam kali ke arah petugas di Mabes Polri.

Warga Ciracas, Jakarta Timur, itu disebut berideologi ISIS. Sekitar 21 jam sebelum beraksi, Zakiah Aini mengunggah bendera kelompok militan ekstremis itu dalam akun media sosialnya.

Aksi penyerangan ke kantor polisi seperti yang dilakukan Zakiah Aini ini bukan pertama kalinya terjadi. Jauh sebelum aksi Zakiah Aini, sejumlah teror ke kantor polisi sudah terjadi berulang kali. Berikut daftarnya:

1. Serangan di Polsek Hamparan Perak Sumut

Penyerangan di Mapolsek Hamparan Perak, Sumatera Utara (Sumut), terjadi pada 22 September 2010 dini hari. Mapolsek diserang serombongan orang tak dikenal.

Serombongan orang tersebut pun kemudian menembak secara membabi buta. Tiga timah panas juga ditembakkan ke petugas yang tengah berjaga. Tiga anggota Polsek tewas. Pelaku diduga kelompok jaringan teroris Medan.

2. Bom di Polresta Cirebon

Bom bunuh diri di Polresta Cirebon ini terjadi pada 15 April 2011. Bom meledak di masjid Polresta Cirebon.

Tragisnya, bom meledak saat gelaran salat Jumat. Bom meledak tepat pukul 12.15 WIB saat imam mengucapkan takbir (takbiratul ikhram) di awal salat Jumat.

Pelaku bom bunuh diri tewas seketika. Tercatat, 30 orang terluka akibat ledakan bom tersebut.

3. Bom di Pos Polisi Thamrin

Bom meledak di pos polisi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, tepatnya di Sarinah. Ledakan bom tersebut terjadi pada 20 Januari 2016.

Lima orang menjadi korban dalam ledakan di pos polisi tersebut. Bom di pos polisi ini merupakan rangkaian teror di Sarinah. Sebelum ledakan di pos polisi, bom juga meledak di kedai kopi di Sarinah.

4. Bom di Polresta Surakarta

Bom bunuh diri meledak di Mapolresta Surakarta. Tepatnya di depan ruang SPKT. Bom meledak pada 5 Juli 2016 pagi.

Akibat bom bunuh diri ini, satu polisi yang berusaha mencegah pelaku masuk terluka. Sedangkan pelaku bom bunuh diri tewas seketika.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Zakiah Aini dan Fakta-fakta Penyerangan Mabes Polri':

[Gambas:Video 20detik]