Viral Burung Garuda Dicat Putih, Pemkab Asahan Beri Penjelasan

Perdana Ramadhan - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 19:22 WIB
Patung Burung Garuda usai dicat ulang (Perdana-detikcom)
Patung burung Garuda setelah dicat ulang (Perdana/detikcom)
Asahan -

Patung burung Garuda dicat putih di Asahan, Sumatera Utara, viral di media sosial. Pihak Pemkab Asahan menjelaskan penyebab burung Garuda di Jalan Budi Utomo, Kisaran Timur, itu berwarna putih.

"Itu kan di sana ada renovasi pengecatan biar nggak kelihatan kumuh. Jadi kenapa warnanya putih, itu cat dasarnya," kata Plt Camat Kisaran Timur Rahmad Hidayat Siregar saat dimintai konfirmasi, Rabu (31/3/2021).

Dia mengatakan petugas masih menunggu cat dasar itu kering. Nantinya patung burung Garuda itu akan dicat dengan warna keemasan.

"Berarti kalau cat dasarnya kering betul, ditunggu dalam 2-3 hari baru bisa dicat lagi warna Garuda yang sebenarnya," katanya.

Hidayat menyayangkan warga yang asal mengunggah foto burung Garuda itu tanpa mencari penjelasan. Dia meminta warga bijak menggunakan media sosial.

"Bijaklah menggunakan medsos," ujarnya.

Warga yang mengadukan soal burung Garuda dicat putih, Wiga Haryadi, menilai penjelasan tersebut tak masuk akal. Alasannya, dia menyebut perisai di dada burung Garuda tidak dicat putih seperti bagian lainnya.

"Itu kita anggap cat final karena lambang perisai Garuda-nya tidak dicat putih, ada merah, hitam, hijau, dan kuning. Saya anggap Garuda dicat putih itu sudah final, waktunya juga sudah sekitar 2 minggu lebih sampai dicat ulang semuanya," kata dia.

(haf/haf)