Polisi Usut Dugaan Pelaku Lain Pencurian Duit Rp 1,3 M Nasabah Bank di Riau

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 17:34 WIB
Konferensi pers di Polda Riau (Raja Adil Siregar-detikcom)
Konferensi pers di Polda Riau (Raja Adil Siregar/detikcom)
Pekanbaru -

Dua mantan pegawai di Bank Riau Kepri cabang Pasir Pangaraian inisial NH (37) dan AS (41) ditetapkan sebagai tersangka setelah mencuri dana nasabah Rp 1,3 miliar. Untuk apa duit miliaran rupiah itu?

"Uang dipakai untuk keperluan pribadi AH dan AS. Jadi uang tabungan nasabah Rp 1,3 miliar ini dihabiskan," kata Kasubdit Perbankan Ditreskrimsus Polda Riau Kompol Teddy Adrian, Rabu (31/3/2021).

Teddy menyebut pihaknya juga masih menelusuri ada-tidaknya keterlibatan pelaku lain dalam kasus ini. Penyidikan masih terus dilakukan.

"Keterlibatan (pegawai lain) masih diteliti lebih lanjut. Untuk sementara dua orang ini kita tetapkan tersangka dari bukti-bukti yang ada," ujarnya.

Teddy juga menjelaskan hubungan NH dengan AS. Keduanya disebut merupakan atasan dan bawahan saat bekerja di bank.

"Tidak ada hubungan khusus, hanya soal pekerjaan. Jadi itu hubungan atasan dan bawahan saja saat bekerja," katanya.

Sebelumnya, polisi menetapkan mantan teller berinisial AH sebagai tersangka atas hilangnya tabungan nasabah Rp 1,3 miliar. Dari satu laporan itu, polisi mendalami dan ternyata ada dugaan keterlibatan dari pimpinan AH, yakni AS.

Dalam kasus pencurian dana nasabah itu, AS diduga memalsukan tanda tangan nasabah di Bank Riau Kepri cabang Pasir Pangaraian. Tanda tangan yang dipalsukan kemudian diserahkan kepada NH berikut password-nya.

Bermodal 'restu' atasan, NH menarik dana nasabah secara berkala sejak 2012 hingga 2015. Dana ditarik mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 96 juta, yang kemudian ditotalkan lebih dari Rp 1,3 miliar.

"Seperti yang kita sampaikan kemarin, kita minta nasabah memantau keuangan yang disimpan di bank. Apalagi untuk tabungan hari tua, itu kan lama diambil. Harus tetap dicek, cetak rekening korban biar nasabah bisa tahu transaksi dananya," kata Teddy.

(ras/haf)