Pakar Paramadina Anggap Moeldoko Sudah Gali 'Kubur Politik' Sendiri

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 15:57 WIB
Dosen Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam (Dok. Pribadi).
Dosen Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam (Dok. Pribadi)

Menurut Umam, persoalan KLB Partai Demokrat ini juga bisa saja terjadi pada partai lainnya. Karena itu, dia memperingatkan agar partai lainnya bersiap menghadapi ancaman tersebut.

"Partai-partai politik lain yang hendak melakukan regenerasi kepemimpinan politik juga perlu mengantisipasi ancaman-ancaman seperti yang terjadi di Demokrat saat ini. Para makelar kekuasaan dan politisi yang tidak terbiasa bekerja keras, bisa dengan mudah mencari jalan pintas melalui KLB atau pengambilalihan kepemimpinan partai dengan berbagai tipu muslihat," ungkap Umam.

Pemerintah sebelumnya menolak hasil KLB Partai Demokrat kubu Moeldoko yang didaftarkan ke Kemenkumham. Penggagas KLB Partai Demokrat kubu Moeldoko memastikan akan melakukan perlawanan ke PTUN seusai putusan pemerintah.

"Jadi langkah kita adalah PTUN, jadi ada gugatan PTUN, ada gugatan pengadilan penipuan serta kebohongan publik, (gugatan PTUN) itu akan dilakukan oleh teman-teman di DPP KLB, nah itu (kapan) urusan mereka (DPP KLB). Bukan bisa dipastikan, sudah pasti (ke PTUN) ya," kata salah satu penggagas KLB PD, Hencky Luntungan, saat dihubungi, Rabu (31/3).

Halaman

(maa/rfs)