Senegal Beli Pesawat CN-235 Produksi PT Dirgantara Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 04:01 WIB
Jakarta -

Duta Besar LBBP RI di Dakar Dindin Wahyudin bersama Kepala Staf Angkatan Udara Senegal Jenderal Papa Souleymane Sarr pada Selasa waktu setempat menyambut kedatangan pesawat CN-235 MPA di Bandara Angkatan Udara Senegal, Dakar. Pesawat ini merupakan pesawat CN-235 ketiga yang dibeli oleh Senegal dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Didin Wahyudin menyambut gembira kedatangan pesawat tersebut dan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Angkatan Udara Senegal dalam menggunakan pesawat produksi Indonesia. Didin mengatakan hal itu adalah bentuk peningkatan kerja sama kedua negara.

"Kerja sama ini merupakan bukti penting dari hubungan Indonesia dan Senegal yang kuat, seperti yang telah dibangun sejak Konferensi Asia-Afrika pada 65 tahun yang lalu," ujar Dubes Dindin Wahyudin dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (31/3/2021).

Pesawat CN-235 ini diterbangkan dari Bandung. Sebelum tiba di Dakar, pesawat CN-235, pesawat ini telah melalui rute yang melintasi 12 negara dan singgah di India, Qatar, Sudan, Chad, Niger.

Waktu yang ditempuh dalam penerbangan ini mencapai 12 hari dan mengangkut sekitar 10 orang kru pesawat. Pesawat ini merupakan pesawat CN-235 ke-287 yang diproduksi dan rencananya akan digunakan Angkatan Udara Senegal untuk patroli maritim.

Untuk diketahui, Senegal telah membeli pesawat serupa pada 2011 dan 2014 lalu. Untuk pembelian ketiga ini, kontrak telah dilaksanakan pada tahun 2017 dan pada awalnya direncanakan untuk diserahkan ke Senegal pada September 2020. Namun, pengiriman pesawat ditunda hingga Maret 2021 akibat dampak pandemi COVID-19.

(lir/lir)