KPK Telusuri Penggunaan Pelat Mobil KemenPAN-RB Terkait Pelarian Nurhadi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 15:35 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK telah memeriksa Kepala Pool Mobil KemenPAN-RB, Taryono. KPK meminta keterangan Taryono terkait dugaan penggunaan pelat mobil KemenPAN-RB di kasus pelarian mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi.

"Taryono dikonfirmasi terkait dengan dugaan penggunaan pelat nomor polisi milik Kemenpan-RB oleh Tin Zuraida untuk keperluan pihak tertentu," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (30/3/2021).

Penyidik memeriksa Taryono pada Senin (29/3) kemarin. Taryono diperiksa untuk tersangka Ferdy Yuman (FY).

Selain memeriksa Taryono, KPK memeriksa anak Nurhadi, Rizki Aulia, dan mengkonfirmasi soal proses penyewaan rumah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. KPK juga menanyakan soal keberadaan FY setelah Nurhadi dan Rezky Herbiyono (RH) ditangkap.

"Rizki Aulia dikonfirmasi terkait proses penyewaan rumah yang berlokasi di Simprug, Jaksel, dan juga mengenai pengetahuan saksi soal keberadaan tersangka FY, setelah dilakukan penangkapan terhadap tersangka Nurhadi dan RH oleh Tim Penyidik KPK saat itu," kata Ali.

Sebagai informasi, Hiendra Soenjoto, yang merupakan buron KPK terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi Nurhadi, disebut-sebut melarikan diri dengan menggunakan mobil pelat 'RFO'. Pelat mobil itu lalu dikaitkan dengan Kementerian PAN-RB.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo kemudian memberikan penjelasan soal mobil pelat RFO yang diduga dipakai Hiendra. Tjahjo membenarkan bahwa pelat itu merupakan pelat mobil dinas dari KemenPAN-RB.

Tjahjo mengatakan bahwa istri Nurhadi, Tin Zuraida, sempat menjadi salah satu pejabat di KemenPAN-RB. Dia menyebut sebelum Tin Zuraida pensiun pada Februari 2020, Tin mendapat fasilitas mobil dinas dengan pelat tersebut.

"Mobil dinas KemenPAN-RB yang dipakai bu Tin Zuraida (Mantan Pejabat KemenPAN-RB) sudah dikembalikan/diserahkan kepada KemenPAN-RB saat Ibu Tin mengajukan pensiun," kata Tjahjo kepada wartawan, Jumat (30/10/2020).

Kembali ke kasus yang menjerat Ferdy Yuman. Dia ditetapkan sebagai tersangka karena diduga ikut membantu menyembunyikan Nurhadi, yang sempat menjadi buron KPK. Dia ditangkap KPK pada Minggu (10/1) di Malang, Jawa Timur.

Lihat juga Video: Jejak Kasus Eks Sekretaris MA Nurhadi Hingga Divonis 6 Tahun Bui

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2