Selain di Makassar, Ini Sederet Aksi Teror Bom Panci di Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 16:04 WIB
Ledakan Bom Panci di Bandung
Ledakan bom panci di Bandung. (Dok. Polda Jabar)
Jakarta -

Terduga pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, memakai bom panci. Bom panci yang dipopulerkan oleh Al-Qaeda ini pernah beberapa kali dipakai untuk melakukan aksi teror di Indonesia.

Peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar terjadi Minggu (28/3/2021), pukul 10.20 Wita. Pelaku bom bunuh diri tidak sampai masuk ke gereja. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pelaku menggunakan jenis bom panci dalam melakukan aksinya.

"Tentunya rekan-rekan tahu bahwa ledakan yang terjadi adalah ledakan suicide bom dengan menggunakan bom jenis bom panci," ujar Listyo di depan Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3).

Bom panci (pressure-cooker bomb) adalah bom yang disimpan dalam panci bertekanan tinggi. Teknik membuat bom panci ini pada mulanya dipopulerkan oleh Al-Qaeda.

Al-Qaeda menggunakan teknik ini dalam serangan pada 2010 di Times Square dan juga Pakistan. Bom panci pernah digunakan oleh pelaku teror di Afghanistan, Pakistan, Nepal dan Amerika Serikat. Bom panci ini pernah dipakai dalam serangan di Boston Maraton AS.

Di Indonesia sendiri, sebelum bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, bom panci juga pernah dipakai pelaku peledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu (24/5/2017). Berikut ini daftarnya:

Simak Video: Usai Bom, Polisi Bersenjata Masih Berjaga di Gereja Katedral Makassar

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3