Bukan Cuma di Australia, Ikan Mas Juga Termasuk Hama di Sulawesi-Papua

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Mar 2021 13:02 WIB
Ikan mas besar yang ditangkap di Danau Toba
Ikan mas besar yang ditangkap di Danau Toba (FB/Martha Naenggolan)
Jakarta -

Di Australia, ikan mas dianggap sebagai hama. Padahal di Indonesia ikan mas justru dibudidayakan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan bahwa ikan mas memang ikan pengganggu alias invasif.

"Ikan mas aslinya dari China. Di Australia termasuk jenis pendatang atau introduce. Memang di Australia sudah termasuk kategori invasif atau pengganggu. Berbeda dengan di Indonesia. Walaupun jenis pendatang, ikan mas justru dimanfaatkan dan dibudidayakan secara luas," kata peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI Haryono saat dihubungi, Sabtu (27/3/2021).

Haryono mengatakan ikan mas sudah masuk kategori pengganggu secara global.

"Secara global, dalam laman GISD (Global Invasive Species Database), ikan mas sudah dikategorikan jenis invasive atau pengganggu," ungkapnya.

Dia mengatakan ikan mas juga sudah sangat mengganggu di Sulawesi hingga Papua. Ikan mas mengganggu ikan asli di kawasan tersebut.

Di Sulawesi dan Papua juga sudah termasuk mengganggu ikan asli. "Di Papua, pada Danau Ayamaru, juga terindikasi telah mengganggu ikan pelangi, endemi danau tersebut," ujarnya.

Tonton juga Video: Ikan Nila dan Ikan Mas, Hasil Tangkapan Nelayan Desa Sualan Sumatera Utara

[Gambas:Video 20detik]