Round-Up

Menanti Hasil Investigasi Penyebab Pria Tewas Usai Divaksin Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Mar 2021 06:44 WIB
Ilustrasi jenazah
Foto: Ilustrasi (Thinkstock).
Takalar -

Sebab kematian warga Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulaiman Daeng Tika (50) usai disuntik Vaksin Sinovac masih menjadi tanda tanya. Tim investigasi masih menyelidiki sebab kematian Sulaiman yang sempat mengalami demam hingga sesak nafas usai disuntik vaksin.

Butuh waktu 7 hari bagi tim investigasi untuk mengetahui hubungan kematian Sulaiman dengan Vaksin Sinovac yang disuntikan. Hasil investigasi itu juga nantinya akan diserahkan ke Pusat.

"Kesimpulan maksimal 7 hari dari hari pertama investigasi, semoga segera hasilnya (keluar). Selanjutnya nanti akan ada audit bersama dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) Pusat," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel dr Nurul AR dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (26/3).

Nurul juga membantah isu beredar yang menyebut jika Vaksin Sinovac yang disuntukan ke Sulaiman telah kadaluarsa. Pihaknya justru menduga Sulaiman meninggal karena ada kaitannya dengan penyakit bawaan atau komorbid.

"Expired multidose-nya masih lama. Semua kemungkinan bisa (komorbid), ada hubungan atau tidak dengan vaksin kita tunggu laporan hasil investigasi tim independen," kata Nurul.

Simak video 'Laporkan Ada Embargo Vaksin COVID-19, Menkes: Kita Perlu Hati-hati':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3