Diteror Benda Mirip Bom, Ahmad Yani Merasa Tak Punya Musuh

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 11:06 WIB
Jakarta -

Sebuah benda menyerupai bom menyasar rumah Ketua Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani di Cipinang, Jakarta Timur. Ahmad Yani merasa tidak memiliki musuh.

"Sepanjang ini saya nggak ada masalah, saya nggak punya musuh. Cuma kita nggak tahu dalam bentuk apa artinya," kata Ahmad Yani kepada wartawan, Jumat (26/3/2021).

Ahmad Yani mengatakan dirinya menyerahkan penemuan ini kepada kepolisian. Dia berharap penyidik segera menemukan pelaku.

"Iya, biar penyidik," kata dia.

Ahmad Yani mengatakan benda menyerupai bom itu ditemukan oleh asisten rumah tangganya yang hendak membuang sampah. Saat itu ada tas di depan rumah.

"Ada tas. Pas diangkat, berat. Dia langsung manggil satpam, langsung dipinggirkan. Coba dibuka sama satpam tapi tidak dipegang. Ada tabung, terus ada jam yang timer kayak gitu. Nah, saya lihat ini diduga bom," jelasnya.

Ahmad Yani mengatakan polisi langsung merespons saat dia memberikan laporan. Dia menyebut benda yang diduga bom itu telah diamankan oleh tim Gegana.

"Saya langsung koordinasi dan lapor polisi dan polsek dekat ini. Ada polsek, terus mungkin komunikasi dengan Polda datang, sekarang bom sudah di bawah kendali," katanya.

Polisi memastikan benda tersebut adalah fake bomb. Hal itu ditemukan setelah petugas melakukan olah TKP.

"Ini kan baru satu kejadian. Yang dilakukan oleh pihak kepolisian yang pertama adalah mengamankan TKP-nya barang yang diduga itu, tidak ada korban, tidak ada ledakan," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan di lokasi, Jumat (26/3/2021).

Tubagus mengatakan, dari hasil olah TKP, dipastikan bahwa benda tersebut adalah fake bomb. Polisi juga memeriksa saksi di lokasi.

"Kemudian dilakukan olah TKP, kemudian dilakukan pemeriksaan saksi-saksi bagaimana ceritanya dan tentu alat bukti lainnya. Yang jelas, dugaan sementara kita ini adalah fake bomb," kata Tubagus.

(lir/tor)