Utomo SolaRUV Hadirkan Layanan Sewa Atap Solar Panel Bebas Investasi

Content Promotion - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 08:05 WIB
Utomodeck
Foto: Utomodeck
Jakarta -

Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang berasal dari sinar matahari digadang-gadang menjadi penopang sumber energi masa depan di tengah kerusakan lingkungan dan krisis energi global. Merespons hal ini, pemerintah segera merancang Kebijakan Energi Nasional (KEN) dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014, yang menargetkan bauran energi terbarukan hingga 23 persen di tahun 2025 dan 31 persen di tahun 2050.

Namun, pengembangan EBT di Indonesia dinilai lambat. Berdasarkan data Coaction Indonesia, hingga tahun 2019 capaian EBT hanya sebesar 9,15 persen dari total konsumsi energi nasional. Salah satunya disebabkan oleh mahalnya biaya investasi pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap yang harus dikeluarkan, rata-rata mencapai Rp 15-30 juta dengan titik balik modal 5 hingga 8 tahun.

Meski begitu, perusahaan nasional saat ini banyak yang berinovasi dalam memberikan solusi inovatif terhadap hal ini. Kekhawatiran hambatan biaya investasi ini salah satunya dijawab oleh Utomo SolaRUV yakni bagian dari produsen atap nasional Utomodeck Group. Perusahaan spesialis penyedia solusi atap dan Energi Terbarukan khususnya PLTS ini menghadirkan layanan SolaRUV Leasing atau sewa atap solar panel dengan mekanisme zero investment scheme, sehingga makin banyak pihak berkesempatan menikmati energi bersih tanpa terbentur biaya modal awal yang cukup tinggi.

Selain itu, biaya penagihan juga sesuai dengan pemakaian dan bisa dihemat hingga 5-15 persen dari biaya listrik per bulan. Dengan begitu, perusahaan dan industri sebagai bagian integral dalam pemenuhan target energi terbarukan nasional jadi lebih bertanggung jawab dengan konsumsi energi masing-masing, nggak boros dan tentunya nggak mencemari lingkungan.

Menariknya, layanan SolaRUV Leasing didukung oleh produsen atap yang telah berpengalaman selama hampir setengah abad. Sehingga, menawarkan keuntungan berlipat sekaligus, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (solar panel) dan atap untuk bangunan industri atau pabrik Anda secara gratis.

UtomodeckAtap solar panel sekaligus berfungsi sebagai genteng dipamerkan oleh Direktur Utomo SolaRUV, Anthony Utomo. Foto: Utomodeck

Layanan SolaRUV Leasing diproyeksikan mampu meningkatkan efektivitas kampanye Gerakan Nasional Sejuta Atap Surya dengan memasifkan penggunaan atap solar panel di perumahan, hunian massal, dan/atau gedung perkantoran.

Bahkan, kampanye ini sudah diawali Utomodeck Group saat memperkenalkan sistem atap boltless atau tanpa baut Utomo SolaRUV pada percontohan 'Rumah Listrik Surya' di Lapangan Monas, Jakarta, pada tahun Juli 2019 silam. Saat itu, tipe atap tanpa baut/boltless Utomo SolaRUV tipe U650 dengan warna merah putih diaplikasikan pada mock up 'Rumah Listrik Surya' dipasang pada rumah tipe 36, daya listrik 5 kWp, inverter 5,5 kWp, serta jaringan listrik PLN berdaya 7.700 Watt untuk menunjukkan bahwa penggabungan atap metal anti bocor dan PLTS sangat mudah dan aplikatif .

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Ignatius Jonan selaku Menteri ESDM RI. Dalam keterangannya sebagai pelanggan atap solar panel, Jonan mengaku dirinya merasakan penghematan biaya hingga 80 persen. Beban tagihan listrik yang biasanya bayar Rp 5 juta, menjadi hanya RP 1 juta berkat penggunaan atap solar panel.

Jadi, di samping membantu melestarikan lingkungan, atap solar panel Utomo SolaRUV juga membantu Anda dalam melestarikan kesehatan finansial.

UtomodeckAtap Boltless System Utomo SolaRUV Tipe U-650 yang dipamerkan pada percontohan 'Rumah Listrik Surya' di Gerakan Nasional Sejuta Atap Surya. Foto: Utomodeck

Kemudahan menyewa atap solar panel tanpa investasi menunjukkan komitmen Utomo SolaRUV dalam mendukung pemerintah dalam Kebijakan Energi Nasional (KEN). Kini, industri dan perusahaan harus semakin yakin, energi bersih melalui pemasangan atap solar panel Utomo SolaRUV bukan hanya milik pembangkit listrik yang sifatnya skala utilitas, melainkan juga diaplikasikan di industri dan pengguna pabrik di Indonesia.

Untuk mengetahui informasi lengkap layanan SolaRUV Leasing dari Utomo SolaRUV, Kunjungi www.solaruv.co.id atau hubungi +62 819-0116-6000 / info@solaruv.co.id

(ads/ads)