Heboh Butiran Diduga Emas di Pantai Maluku Tengah, Ini Kata LIPI

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 14:21 WIB
Warga mencari butiran emas di Pantai Pohon Batu, Maluku Tengah.
Warga mencari butiran emas di Pantai Pohon Batu, Maluku Tengah. (Muslimin Abbas/detikcom)
Maluku Tengah -

Warga Negeri Tamilouw, Maluku Tengah, Maluku, beramai-ramai ke Pantai Pohon Batu untuk mencari butiran yang diduga emas. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut perlu adanya eksplorasi lebih lanjut terkait penemuan itu.

"Butiran emas memang memungkinkan di Maluku, karena ada indikasi jadi dimungkinkan, jadi biasanya pasir, emas itu di dalam silika, kalau di pantai yang biasa putih-putih itu ada potensi mengandung emas, biasanya seperti itu," kata peneliti LIPI dari Pusat Penelitian Metalurgi dan Material, Iwan Setiawan saat dimintai konfirmasi, Kamis (25/3/2021).

Dia mengatakan, untuk memastikan butiran emas yang berada di bibir pantai Pohon Batu, diperlukan penelitian lebih lanjut dari peneliti geologi. Namun, dia memastikan, jika ditemukan silika di bibir pantai, kemungkinan besar juga ditemukan emas.

"Itu biasanya temannya silika, kalau pantai mengandung silika, ya kemungkinan mengandung emas," ucapnya.

Ada beberapa hipotesis soal munculnya emas di Maluku. Iwan menduga penemuan butiran diduga emas itu karena jalur pegunungan di Maluku terhubung dengan jalur pegunungan yang ada di Freeport, Tembagapura, Papua. Emas-emas tersebut, kata Iwan, diduga terbawa aliran sungai.

"Jadi terbawa clay (tanah liat), kalau di pantai pelarutan airnya terjadi, jadi bersih, gabung dengan silika," ungkapnya.

Dia menyarankan agar butiran yang diduga emas itu perlu dicek lagi. "Untuk memastikan berapa banyak potensinya apakah hanya ditemukan sedikit saja, atau sekilometer dari pantai cuman belum ketahuan," kata dia.

Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury angkat bicara terkait penemuan diduga emas ini. Dinas Lingkungan Hidup sudah diminta Marlatu mengecek lokasi.

"Jadi itu kayak butir-butiran pasir itu emas atau tidak. Tadi sudah perintahkan sekda juga dinas lingkungan hidup turun di sana dan sudah koordinasi dengan babinsa dan kepala desa dan camat sehingga di informasikan supaya jangan ada gunakan logam air raksa, seperti sianida dan lain-lain," Kata Marlatu Leleury saat dihubungi, Selasa (23/3/2021) siang.

Marlatu juga telah memerintahkan agar Satpol PP Maluku Tengah melakukan pengamanan di Pantai Pohon Batu. Selain Satpol PP, pengamanan dibantu pihak kepolisian.

"Siang ini juga Satuan Polisi Pamong Praja diperintah juga pengamanan di sana, karena pertambangan bukan ada wilayah kami kan sudah diambil provinsi kami sekadar pengamanan saja, kami amankan lingkungan saja dan pengamanan secara fisik oleh polisi dan Satpol PP berkoordinasi dengan babinsa dan kepala desa di sana," tuturnya.

Marlatu belum memastikan apakah butiran yang berkilau yang ditemukan warga emas atau bukan. Dia mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan. "Diperkirakan begitu (emas) kan mesti dibuktikan dulu, belum tahu masih dicek lagi," kata Marlatu

Simak juga video 'Ke Maluku Tengah, Jokowi Dengarkan Keluh-Kesah Nelayan':

[Gambas:Video 20detik]



(tfq/isa)