Polisi Gadungan Pemeras Remaja di Jaksel Ditangkap, Bawa Pistol Mainan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 17:56 WIB
Polsek Mampang Prapatan tangkap polisi gadungan pemeras remaja.
Foto: Polsek Mampang Prapatan tangkap polisi gadungan pemeras remaja. (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Polsek Mampang Prapatan menangkap polisi gadungan berinisial S yang memeras kelompok remaja. Dalam aksinya, pelaku membawa sebuah pistol mainan untuk menakut-nakuti korban.

"Modus operandinya yakni pelaku berpura-pura atau pelaku menyamar sebagai anggota polisi satuan serse narkoba," ujar Kapolsek Metro Mampang Prapatan, Kompol M Hari Agung Julianto, saat jumpa pers di Polsek Metro Mampang Prapatan, Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jaksel, Rabu (24/3/2021).

Agung menambahkan pelaku menipu dan mengancam korban dengan menodongkan korek api berbentuk pistol. Dalam aksinya itu, pelaku mencari kelompok remaja yang sedang nongkrong dan menuduhnya sebagai pelaku narkoba.

"Kemudian CB-nya (cara bertindak) dia mendekati korban, kerumunan remaja atau orang yang menurut dia bisa di-mapping-kan bisa dilakukan penekanan. Lanjut si tersangka atau pelaku ini menongolkan senjata apinya, senjatanya. Kemudian pelaku ini menanyakan tentang narkoba ke sang korban," tambahnya.

"Setelah dilakukan pengamanan barang bukti yang tadi ada, dicek ini senjata replika, (ternyata) korek api. Apakah ini benar atau senjata rakitan, akan kami bawa ke labfor forensik, tapi karena tidak (senjata api), ya tetap kita jadikan barang bukti, inilah untuk alat kriminal, yaitu pengancaman," lanjutnya.

Lanjutnya, pelaku ditangkap subuh tadi sekitar pukul 04.00 WIB di Sukmajaya, Kota Depok. Agung menjelaskan pelaku bisa ditangkap berkat CCTV yang ada.

"Kalau di KTP (pekerjaan pelaku ini) karyawan swasta. Tapi sebenarnya dia freelance, freelance," ujar Agung.

Dari kasus ini, polisi menyita barang bukti berupa satu replika senjata api, satu motor, satu helm, satu kaos berwarna hitam, satu polo shirt berwarna hijau putih, satu pelat kendaraan bermotor, dan 2 handphone. Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.

Tonton juga Video: Peras PSK, Polisi Gadungan Berpangkat Kompol Diciduk

[Gambas:Video 20detik]



(sab/mea)