Fresh Graduate Masih Belum Dapat Kerjaan Boleh Coba Tips Ini

Abu Ubaidillah - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 14:33 WIB
Yamaha
Foto: Yamaha
Jakarta -

Mendapatkan pekerjaan bukan hal yang mudah, apalagi bagi yang baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman bekerja. Fresh graduate bisa kalah saing dengan mereka yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Meski begitu, menyerah bukanlah pilihan. Semangat harus tetap ada dalam diri dan mencari tahu beberapa tips tambahan yang bisa dilakukan supaya mendapat pekerjaan dengan segera.

Dilansir dari CNNIndonesia, berikut beberapa tipsnya:

1. Cari Terus

Masih ada perusahaan maupun organisasi lain yang kerap mencari karyawan baru di masa pandemi. Sektor yang tengah tinggi permintaan kerja, antara lain kesehatan, teknologi, keuangan, pendidikan online, makanan, dan ekspedisi atau layanan pengiriman.

Cobalah cari peluang-peluang tersebut di situs lowongan kerja terpercaya yang banyak digunakan di Indonesia. Ada banyak situs lowongan pekerjaan, sehingga jika gagal di salah satunya bisa mencari di website lainnya. Intinya jangan pernah putus asa buat mencari.

Dengan memanfaatkan situs tersebut, kamu bisa mengetahui lebih banyak perusahaan mana yang tengah membuka lowongan dan jenis pekerjaan yang ditawarkan.

2. Latih Soft Skill

Dalam pekerjaan tertentu, tak jarang soft skill lebih dibutuhkan dibanding hard skill. Soft skill yang harus dimiliki setiap pelamar adalah kemampuan komunikasi yang baik, kecerdasan sosial, serta emosional.

Keterampilan ini sangat dibutuhkan karena dengan ini, pekerja dianggap mampu bekerja sama dalam tim sehingga mudah dalam mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan bisa mengetahui soft skill ini lewat interview yang dijalani.

3. Jaga Reputasi Pribadi di Media Sosial

Pada era modern saat ini tak sedikit perusahaan yang mempertimbangkan latar belakang calon pekerjanya melalui media sosial. Selain screening melalui CV dan melihat hasil interview atau tes, para perekrut juga kadang memantau aktivitas pelamar di dunia maya.

Banyak juga calon pelamar yang gagal alias tak diterima karena rekam jejak digitalnya. Entah berkaitan dengan postingan di media sosial, berafiliasi ke kelompok tertentu, atau hal lain yang dianggap tidak layak. Sehingga, bijaklah dalam menggunakan media sosial untuk menopang kariermu ya.

4. Gali Informasi dari Orang Berpengalaman

Tak ada salahnya minta masukan, pandangan, atau mendengar cerita dari orang yang sudah berpengalaman. Selain bisa membagikan cerita pengalamannya, kamu juga bisa mendapat ilmu yang telah ia pelajari.

Tak hanya itu, manfaatkan relasi dengan orang tersebut. Bisa saja suatu waktu ia menjadi atasanmu dan karena kamu memiliki kesan baik padanya di kemudian hari, kamu bisa diminta untuk bekerja sama dengannya atau mungkin direkomendasikan pada pencari kerja lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan. Jangan sampai seperti Fico yang hobi main game dan terus berharap bisa mendapatkan uang dari game tapi tak punya hasil apa-apa hingga ia lulus kuliah.

Sampai-sampai ayahnya sakit, marah-marah, hingga terkena serangan jantung. Di sisi lain, ia dipergoki pacarnya, Clara, ketika tengah main game di warung. Yang membuat Clara sedih karena Fico seakan tak punya niat untuk menikahinya lantaran terus-menerus menganggur.

Dari situ, Fico baru sadar memiliki pekerjaan itu penting. Penasaran dengan kisahnya? Kamu bisa menontonnya di Yamaha Webseries berjudul 'Di Antara Dua' episode 2 yang ditayangkan di 20detik atau YouTube detikcom.

(ega/ega)