Samakan Persepsi soal Bela Negara, Kemhan Gelar Rembug Nasional 2021

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 11:36 WIB
Kemhan
Foto: Angga Laraspati/detikcom
Jakarta -

Kementerian Pertahanan hari ini menggelar Rembug Nasional bela negara 2021. Kegiatan yang dilangsungkan selama 2 hari ini diselenggarakan untuk menyamakan persepsi soal program bela negara dengan tema 'Menyatukan Persepsi dan Optimalisasi Program Nasional Bela Negara dan Sinkronisasi Program Kebijakan PKBN Secara Masif dan Berkesinambungan'.

Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra mengatakan acara ini sebagai kegiatan yang penting dan strategis untuk kelanjutan dan persamaan persepsi soal Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN).

"Disamping sebagai ajang silaturahmi, juga sebagai wahana membangun sinergi dalam melaksanakan PKBN yang merupakan bagian program prioritas nasional revolusi mental," ujar Herindra saat membuka acara Rembug Nasional 2021, di Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Menurut Herindra, persamaan persepsi terkait PKBN penting dilakukan sebab PKBN secara nasional telah dikuatkan dengan lahirnya PP no 3 tahun 2021 tentang pedoman pelaksanaan UU no 23 tahun 2019 tentang PSBN untuk pertahanan negara.

"Saya berharap dapat terbangun kesamaan persepsi dan satu langkah dalam penyelenggaraan (bela negara) secara nasional baik di lingkup pendidikan, lingkup masyarakat, maupun lingkup pekerjaan," katanya.

Herindra juga mengungkapkan bela negara dibutuhkan apabila suatu saat nanti negara menghadapi ancaman militer yang dapat diaktualisasikan dalam keikutsertaannya secara sukarela sebagai komponen cadangan maupun komponen pendukung.

"Dengan lahirnya UU no. 23 tahun 2019 telah diatur siapa yg jadi komponen utama, cadangan, maupun pendukung," imbuhnya.

Ia berharap dari kegiatan ini terbangun komitmen bersama terkait PKBN di seluruh negara dengan tujuan membangun karakter bangsa.

"Melalui kegiatan ini saya harap terbangun komitmen bersama PKBN di seluruh daerah dalam membangun karakter bangsa yang memiliki kesadaran dan mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari," imbuh Herindra.

Untuk diketahui, Rembug Nasional Bela Negara 2021 dihadiri beberapa narasumber yang akan memberikan pandangan dan masukannya soal PKBN dan 208 peserta yang terdiri dari beberapa lembaga dan juga kepala Bappeda di 34 provinsi, TNI/Polri dan internal Kemhan.

Simak juga 'Saat Hari Bela Negara, Perpusnas RI Berharap Masyarakat Makin Kaya Literasi':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)