PD 'Puji' Marzuki Alie dkk Cabut Gugatan ke AHY: Akhirnya Sadar

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 16:59 WIB
Yudhoyono tiba di kantor Kemenkumham, Jakarta. AHY tampak didampingi sejumlah kader Demokrat saat sambangi Kemenkum HAM.
Ketum Partai Demokrat, AHY, bersama jajarannya. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Marzuki Alie dkk mencabut gugatan terkait pemecatannya dari Partai Demokrat (PD) yang dilakukan oleh Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). PD menilai dasar hukum Marzuki Alie dkk menggugat pemecatan mereka lemah.

"Baguslah, mereka akhirnya sadar. Mereka mencabut gugatan karena legal standing mereka lemah," kata Kepala Bamkostra PD, Herzaky Mahendra Putra, Selasa (23/3/2021).

Herzaky lantas menyinggung undang-undang terkait partai politik. Dia menyebut perselisihan partai itu memang seharusnya diselesaikan di lingkup internal partai.

"Berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan atas UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Parpol Pasal 32 sangat jelas kalau perselisihan partai politik diselesaikan oleh internal partai politik sebagaimana diatur di dalam AD dan ART," ucap Herzaky.

"Penyelesaian perselisihan internal partai politik sebagaimana dimaksud dilakukan oleh suatu mahkamah partai politik atau sebutan lain yang dibentuk oleh partai politik. Jadi, bukan mendadak langsung ke pengadilan. Mungkin setelah beneran belajar UU Parpol, mereka akhirnya sadar kalau jalan yang mereka tempuh selama ini salah," lanjutnya.

Lebih lanjut, Herzaky berharap semoga kesadaran mereka tidak hanya terkait gugatan pemecatan. Tapi juga pada KLB yang dilakukan, dengan menyatakan bahwa gerakan tersebut salah.

"Semoga mereka juga segera menyadari kekeliruan mereka selama ini yang melakukan GPK-PD, bekerja sama dengan oknum kekuasaan dan membuat kegiatan politik yang diklaim sebagai KLB, padahal tidak sah dan abal-abal. Kasihan kalau salah terus, mereka bisa mempermalukan diri mereka sendiri terus," tuturnya.

Baca pencabutan gugatan Marzuki Alie dkk di halaman berikutnya.

Lihat Video: Gugat AHY Dkk, Jhoni Allen Sebut Dipecat dari PD Tanpa Klarifikasi

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2