Heboh Penemuan Butiran Emas di Pantai, Wabup Maluku Tengah Cek Keaslian

Muslimin Abbas - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 15:17 WIB
Warga mencari butiran emas di Pantai Pohon Batu, Maluku Tengah.
Warga mencari butiran emas di Pantai Pohon Batu, Maluku Tengah. (Muslimin Abbas/detikcom)
Maluku Tengah -

Warga di Negeri Tamilouw, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, kini ramai mendulang di pesisir pantai pasca-penemuan butiran-butiran emas. Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury pun mengimbau warga tak menggunakan cairan yang dapat merusak lingkungan.

"Jadi itu kayak butir-butiran pasir itu emas atau tidak. Tadi sudah perintahkan sekda juga dinas lingkungan hidup turun di sana dan sudah koordinasi dengan babinsa dan kepala desa dan camat sehingga di informasikan supaya jangan ada gunakan logam air raksa, seperti sianida dan lain lain," Kata Marlatu Leleury saat dihubungi, Selasa (23/3/2021) siang.

Marlatu juga telah memerintahkan Satpol PP Maluku Tengah melakukan pengamanan di Pantai Pohon Batu. Selain itu, pengamanan dibantu pihak kepolisian.

"Siang ini juga Satuan Polisi Pamong Praja diperintah juga pengamanan di sana, karena pertambangan bukan ada wilayah kami kan sudah diambil provinsi kami sekadar pengamanan saja, kami amankan lingkungan saja dan pengamanan secara fisik oleh polisi dan Satpol PP berkoordinasi dengan babinsa dan kepala desa di sana," tuturnya.

Marlatu belum memastikan apakah butiran yang berkilau yang ditemukan warga emas atau bukan. Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan.

"Diperkirakan begitu (emas) kan mesti dibuktikan dulu, belum tahu masih dicek lagi," kata Marlatu.

Sebelumnya, warga di Negeri Tamilouw, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, dihebohkan oleh penemuan butiran-butiran emas bercampur pasir di pantai. Warga pun mulai ramai mendulang di pesisir Pantai Pohon Batu.

(mae/idh)