Kebut Penanganan COVID-19, Taspen Hibahkan Ambulans ke POLRI & BKN

Angga Laraspati - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 14:11 WIB
Taspen
Foto: dok. Taspen
Jakarta -

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), hari ini memberikan bantuan 2 unit ambulans untuk diserahkan masing-masing 1 unit ke Polri dan BKN. Dengan bantuan ambulans ini diharapkan dapat mendukung mobilitas kinerja dua lembaga, khususnya dalam pelayanan kesehatan dan percepatan penanganan COVID-19.

Pemberian satu ambulans kepada Polri dilakukan hari ini secara simbolis oleh Komisaris Utama PT Taspen Suhardi Alius dan Direktur Utama PT Taspen A.N.S Kosasih kepada Asisten Sumber Daya Manusia Polri Sutrisno Yudi.

Direktur Utama PT Taspen A.N.S Kosasih mengatakan pemberian bantuan ambulans kepada Polri dan juga BKN dilakukan sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat melalui Polri dan BKN.

"Kami berharap pemberian bantuan ambulans ini dapat bermanfaat dalam mendukung mobilitas kegiatan Polri dan BKN, khususnya dalam pelayanan kesehatan dan percepatan penanganan COVID-19," ujar Kosasih saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Khusus untuk Polri, Kosasih mengatakan bantuan ambulans ini diberikan untuk membantu operasional Polri terutama dalam menangani COVID-19 agar semakin cepat dan tanggap. Selain itu, pihaknya melihat kinerja Polri yang terus-terusan berada di lapangan sehingga membuat Taspen ingin ikut berpartisipasi.

"Karena (Polri) seperti kami, tidak bisa meninggalkan operasional kami di lapangan, tidak bisa work from home karena harus melayani pensiunan. Polri lebih dekat ke seluruh lapisan masyarakat, tidak bisa WFH di lapangan terus, karena itu kami mencoba untuk berpartisipasi," ungkap Kosasih.

Kosasih menambahkan ke depan pihaknya juga akan mengusahakan kerja sama dengan Polri dalam memberikan program-program lainnya. Program-program tersebut antara lain perumahan untuk ASN yaitu bantuan untuk karyawan BUMN.

"Kami berharap nanti bisa membantu hal yang sama untuk Polri supaya bisa mendapatkan perumahan yang terjangkau. Ke depan kami juga berharap untuk lembaga lainnya bisa kita kerja samakan untuk hal yang sama," tuturnya.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Taspen Suhardi Alius mengatakan hari ini Taspen memiliki 2 agenda di Polri yaitu penyerahan Tabungan Hari Tua (THT) untuk 8 mantan Kapolri dan juga pemberian ambulans untuk operasional Polri.

"Mudah-mudahan kerja sama ini berlanjut terus. Tadi kita banyak berbincang kepada ASDM Polri banyak yang bisa kita kerja samakan dengan baik. Mudah-mudahan ke depan kerja sama ini dapat meningkat terus," katanya.

Di sisi lain, ASDM Polri Sutrisno Yudi mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Taspen atas bantuan ambulans dan juga tabungan hari tua yang diberikan kepada Polri. Menurut Sutrisno bantuan tersebut merupakan bentuk penghargaan dari PT Taspen kepada pemimpin-pemimpin Polri

"Kami juga berterima kasih karena telah didukung. Awalnya sekarang hari ini kita dapat mobil (ambulans), harapan berikutnya kita mendapatkan hal-hal lain yang bisa mendukung operasional Polri dan kesejahteraan anggota," tuturnya.

Pada hari yang sama, Taspen juga akan memberikan 1 ambulans kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diterima secara langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Penyerahan satu unit mobil ambulans tersebut dilaksanakan secara simbolis di Kantor PT Taspen, Cempaka Putih, Jakarta.

Penyerahan dua unit ambulans untuk 2 lembaga ini merupakan bentuk dukungan PT Taspen untuk mempercepat penanganan COVID-19 pada Polri dalam kegiatan operasional pemulasaraan jenazah. Bantuan ambulans ini juga dapat dijadikan pelayanan kesehatan bagi PNS dan Purnabakti pada Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Simak video 'Daftar 10 Wilayah Zona Merah Corona di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)