Juliari Akui Kunker ke Natuna-Bali Sewa Pesawat Pribadi Pakai Anggaran Kemensos

Zunita Putri - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 19:34 WIB
Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara mendatangi KPK. Juliari akan menjalani pemeriksaan perdana kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) Corona.
Juliari Batubara (Ari Saputra/detikcom)

Diketahui, Kabiro Umum Kemensos saat itu dijabat oleh Adi Wahyono, yang juga tersangka dalam kasus ini. Juliari mengaku tidak tahu sumber uang yang digunakan Adi untuk membayar pesawat pribadi itu.

"Ya otomatis karena saya tahu biro umum, ya misal sewa pesawat saya bilang ke sespri saya agar koordinasi ke biro umum. Kabiro umum masih rangkap pak Adi Wahyono. Saya tahunya kan anggaran yang ada, saya nggak mungkin tahu detailnya dari mana anggarannya," papar Juliari.

Dalam kasus ini, Juliari Peter Batubara, Adi Wahyono, dan Matheus Joko Santoso ditetapkan sebagai tersangka bansos Corona. Di sidang ini, yang duduk sebagai terdakwa adalah Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

Keduanya didakwa memberi suap ke mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dkk. Harry disebut jaksa memberi suap Rp 1,28 miliar, sedangkan Ardian memberi Rp 1,95 miliar.

Keduanya memberi uang suap agar Kemensos menunjuk perusahaan mereka sebagai penyedia bansos sembako Corona. Mereka juga memberikan fee Rp 10 ribu per paket bansos Corona ke Juliari Batubara setiap kali mereka mendapatkan proyek itu. Uang inilah yang disebut uang operasional.

Halaman

(zap/lir)