Bandara Halim Perdanakusuma Normal Kembali Mulai Hari Ini

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 10:13 WIB
Operasional Bandara Halimperdanakusuma sudah kembali normal
Operasional Bandara Halimperdanakusuma sudah kembali normal (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Evakuasi pesawat kargo Trigana Air yang tergelincir beberapa hari lalu sudah selesai dilakukan. Operasional Bandara Halim Perdanakusuma kembali normal hari ini.

Pantauan detikcom pukul 09.30 WIB, Senin (22/3/2021), lalu lalang penumpang di pintu keberangkatan dan pintu kedatangan bandara sudah berjalan normal. Aktivitas penerbangan di Bandara Halim telah berjalan sejak pukul 04.00 WIB.

Informasi perihal jadwal penerbangan juga terdengar melalui pengeras suara. Situasi di bandara pun terlihat tertib dan kondusif.

"Semua yang sudah terjadi kemarin, insiden Trigana Air sudah berhasil dievakuasi sepenuhnya ke tempat yang aman. Berdasarkan kegiatan berikutnya, bandara dan landasan pacu siap dioperasionalkan. Untuk take off dan landing dalam kondisi normal," ujar Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma Nandang Sukarna, di lokasi, Senin (22/3).

Nandang menjelaskan, proses evakuasi berjalan lancar berkat bantuan sejumlah pihak. Di antaranya, Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dan otoritas Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Selain membantu proses evakuasi, pihak Bandara Soetta turut membantu pemindahan jadwal penerbangan yang tertunda di Halim Perdanakusuma.

"Bantuan tim dari Bandara Soetta, selain memberikan bantuan peralatan, personelnya, untuk evakuasi, juga untuk proses multiairport system-nya, Bandara Soetta telah berjasa untuk pemindahan sejumlah schedule penerbangan yang terjadi sejak Sabtu-Minggu kemarin tanggal 20 dan 21, sepenuhnya Bandara Soetta men-support," kata Nandang.

Sebelumnya, otoritas Bandara Halim Perdanakusuma memastikan proses evakuasi pesawat Trigana Air PK-YSF telah selesai dilakukan. Potongan terakhir badan pesawat berhasil dipindahkan dari landasan pacu sekitar pukul 15.40 WIB dan diangkut menuju area hanggar Skadron Teknik 021 Lanud Halim Perdanakusuma.

"Alhamdulillah tadi potongan terakhir bagian pesawat Trigana PK-YSF telah berhasil dipindahkan dari lokasi kejadian di runway Halim Perdanakusuma menuju area yang sudah ditentukan di sisi selatan Bandara Halim Perdanakusuma," kata Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Nandang Sukarna saat dimintai konfirmasi, Minggu (21/3).

Diketahui, pesawat Trigana Air PSK YSF tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pesawat tersebut dalam kondisi keluar runway.

Juru bicara Kemenhub, Adita Irawati, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (20/3), mengatakan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.26 WIB. Pesawat keluar runway saat landing.

Lihat juga video 'Trigana Air Dievakuasi, Runway Bandara Halim Diperbaiki':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)