Round-Up

10 Fakta soal Pesawat Trigana Air Tergelincir

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 07:29 WIB
Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma
Foto: Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma (ist)

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma Nandang Sukarna, menyebut ada satu mesin pesawat yang mati sehingga pesawat tergelincir saat mendarat. Akibatnya, pesawat gagal landing.

"Penyebabnya tadi gagal landing karena signal engine. Jadi satu engine mati, nomor dua, engine nomor dua mati, kemudian landing gagal (tergelincir)," kata Nandang saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (20/3/2021).

7. Roda-Sayap Pesawat Trigana Air Rusak

Insiden ini juga mengakibatkan kerusakan fisik terhadap pesawat Trigana Air. Roda dan sayap pesawat itu rusak.

"(Bagian yang rusak) ada roda dengan bagian sayap. (Roda dan sayap yang rusak) dua-duanya, kanan dan kiri," kata Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma Nandang Sukarna, saat dihubungi, Sabtu (20/3).

8. Warga Dengar Dentuman-Lihat Asap

Warga yang melihat kejadian itu memberikan kesaksian. Beberapa warga yang tinggal di sekitar Bandara Halim mendengar dentuman hingga melihat kepulan asap saat pesawat Trigana Air tergelincir.

Salah satu warga RT03, RW05, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, bernama Beni (23) mendengar dentuman ketika pesawat Trigana Air itu mendarat. Beni mendengar dentuman sebanyak tiga kali.

"Ada beberapa kali. Tiga kali kalau nggak salah, kayaknya ledakan sampai bawah tuh, terus bunyi 'dup dup dup'," ujar Beni saat ditemui di lokasi, Sabtu (20/3).

"(Setelahnya warga) langsung nyamperin. Iya, soalnya ada kepulan asap. Lumayan gede asapnya, dari engine sebelah kiri kalau nggak salah. Ramainya pas ada kepulan asap," katanya.

9. Ada 2 Pilot, 1 Teknisi dan 1 FOO di Trigana Air

Ada 4 orang dala penerbangan pesawat itu. Mereka adalah 2 pilot dan 1 teknisi. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tergelincirnya pesawat Trigana Air itu.

"Turut serta di dalam pesawat kargo, 2 pilot, 1 teknisi, dan 1 FOO, di mana tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ucap Yado.

10. Bandara Halim Siapkan 27 Bus Bagi Calon Penumpang ke Soetta

Bandara Halim Perdanakusuma menyediakan bus untuk mengangkut penumpang ke Bandara Soetta kerana penerbangan dialihkan. Hingga Minggu malam 27 bus telah mengangkut calon penumpang ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Adapun untuk yang kami upayakan khusus untuk menanggulangi penumpang, kami pindahkan sejumlah calon pengguna jasa transportasi udara kita siapkan bus dari Halim menuju ke Soetta," ujar Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma Nandang Sukarna, kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (20/3/2021).

"Sekarang sudah ada masing-masing 27 bus dan sudah berjalan, tinggal menunggu gelombang terakhir untuk sampai sore ini," sambungnya.


(lir/man)