Round-Up

10 Fakta soal Pesawat Trigana Air Tergelincir

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 07:29 WIB
Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma
Foto: Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma (ist)

3. Sempat Keluar Api Saat Trigana Air Tergelincir

Detik-detik mendaratnya pesawat Trigana Air itu sempat terekam kamera. Terlihat asap dan percikan api dari pesawat.

Dilihat detikcom, Sabtu (20/3/2021), dalam video yang beredar, terlihat pesawat Trigana Air PK-YSF itu mendarat dalam posisi tidak menukik. Tak lama setelah pesawat mendarat, terlihat asap yang kemudian disusul munculnya api.

Asap di pesawat tersebut terus muncul meski pesawat telah berhenti. Dalam video, terdengar suara mesin menyala.

4. Bandara Halim Ditutup Sementara untuk Sipil

Akibat dari insiden ini, Bandara Halim Perdanakusuma menutup sementara kegiatan penerbangan sipil. Runway juga ditutup sementara.

"PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa runway Bandara Halim Perdanakusuma sementara waktu ditutup untuk penerbangan sipil sesuai dengan NOTAM nomor A0693/21," ujar VP of Corporate Communication Yado Yarismano kepada wartawan, Sabtu (20/3/2021).

5. Tergelincir di Halim Baru 2 Menit Terbang

Manajer Hubungan Masyarakat AirNav Indonesia, Yohanes Harry Douglas Sirait, mengatakan pesawat Trigana Air itu baru 2 menit terbang. Pesawat dengan tujuan Makassar itu kembali ke Bandara Halim Perdanakusuma karena mengalami kendala teknis.

"Pesawat angkutan barang (cargo flight) Trigana Air dengan registrasi PK-YSF rute Jakarta Halim Perdanakusuma-Makassar Sultan Hasanuddin melakukan prosedur return to base (kembali ke bandara asal keberangkatan) 2 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada hari Sabtu (20/3) dikarenakan adanya kendala teknis," ujar Yohanes dalam keterangannya, Sabtu (20/3).

6. Engine Nomor Dua Mati