Tinjau Kampung Tangguh Pancoran, Kapolda Metro-Pangdam Kagumi 'Si Pantau'

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 21:18 WIB
Kapolda Metro dan Pangdam Jaya kunjungi Kampung Tangguh Jaya di Pancoran.
Foto: Kapolda Metro dan Pangdam Jaya kunjungi Kampung Tangguh Jaya di Pancoran. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman meninjau Kampung Tangguh Jaya di RW 04 Pancoran, Jakarta Selatan. Keduanya menyoroti penggunaan CCTV untuk mengawasi protokol kesehatan warga di wilayah tersebut.

"Saya sudah melihat Posko Kampung Tangguh, mengimbau warganya untuk taat 3M dengan CCTV dan pengeras suara, namanya Si Pantau. Jadi kalau ada yang tidak pakai masker ditegur pakai pengeras suara, kalau dia tidak menggunakan masker, petugas Si Pantau akan datang dan memberikan masker," kata Fadil di KTJ RW 04 Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (19/3/2021).

Fadil mengapresiasi terobosan tersebut. Dia menilai sistem tersebut diharapkan dapat terus meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

Kampung Tangguh Jaya RW 04 Pancoran ini diketahui berada di bawah asuhan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Dalam kunjungannya, Fadil menjelaskan beberapa program ketahanan yang dibuat di pokso Kampung Tangguh Jaya tersebut.

"Ada ketahanan pangan, budidaya ikan lele hidroponik yang juga dikembangkan, kemudian tumbuhan rempah-rempah diolah menjadi bir pletok dan empon-empon yang menjadi sumber pendapatan dan penghasilan yang melahirkan optimisme di masa pandemi COVID-19," ujar Fadil.

Sementara itu Mayjen TNI Dudung Abdurachman menambahkan, pihaknya mengapresiasi turunnya angka virus Corona di Kampung Tangguh Jaya RW 04 Pancoran. Dia menyebut saat ini hanya tersisa dua kasus positif di RW 04 Pancoran.

"Kampung Tanggung RW4 Pancoran diberlakukan pada bulan Januari dari 21 orang yang terdampak COVID-19. Dengan keberadaan Kampung Tangguh rupanya memang kalimat tangguh ini berpengaruh besar kepada masyarakat, dari 21 sekarang sudah tinggal dua orang lagi yang isolasi mandiri," terang Dudung.

Lebih lanjut Dudung menilai penekanan angka virus Corona tersebut wujud kerja sama semua pihak. Dia mengatakan zona bebas Corona bisa segera terealisasi di Kampung Tangguh Jaya RW 04 Pancoran jika semua pihak tetap disiplin mentaati protokol kesehatan.

"Ini berkat kerja sama satgas COVID-19 beserta aparat kampung tangguh dan yang lebih penting adalah kerja sama masyarakat dan petugas untuk menjalankan 3M dan 3T," pungkas Dudung.

(ygs/mea)