Optimalisasi Penanganan Karhutla, Pemprov Riau Siapkan 12 Ekskavator

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 11:41 WIB
Pemprov Riau Siapkan 12 Ekskavator Cegah Karhutla
Pemprov Riau Siapkan 12 Ekskavator Cegah Karhutla (Foto: Istimewa)
Pekanbaru -

Pemprov Riau menyiapkan 12 unit ekskavator untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Alat berat itu juga dapat dipakai masyarakat untuk membuka lahan.

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan 12 alat berat itu sebenarnya disiapkan untuk masyarakat. Masyarakat diminta untuk tidak membakar lahan saat akan menjadikan lahan pertanian.

"Kalau alat ini memang dibutuhkan Satgas Karhutla untuk membuat embung silakan saja. Jadi alat ini selain dapat digunakan masyarakat, juga dapat digunakan Satgas Darat membuat embung," kata Edy kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Menurut Edy, jika alat itu digunakan untuk membuat embung, diyakini bisa mengatasi kendala Satgas Darat Karhutla. Mengingat selama ini Satgas Karhutla selalu kesulitan air untuk pemadaman karhutla.

"Alat berat ini bisa untuk mengoptimalisasi penanganan karhutla. Sebab, pengalaman selama ini petugas di lapangan kesulitan mencari air di lokasi kebakaran," katanya.

Pemprov Riau Siapkan 12 Ekskavator Cegah KarhutlaPemprov Riau Siapkan 12 Ekskavator Foto: Istimewa

Edy menyebut, saat ini Satgas Karhutla masih melakukan pemadaman kebakaran di beberapa daerah. Ini untuk menciptakan Riau bebas asap.

Terkait prosedur peminjaman alat tersebut, Edy menyebut bisa lewat kelompok tani. Di mana kelompok tani yang ingin pinjam alat berat harus membuat proposal ke Dinas Pertanian Provinsi Riau.

"Jadi kalau nanti ada kelompok tani yang membutuhkan alat berat untuk membuka lahan, silahkan ajukan ke dinas pertanian. Nanti dievaluasi, layak atau tidak dibantu sesuai proposal yang sudah diajukan itu," katanya.

(ras/knv)