Siswa Kejuruan Pariwisata BBPLK Medan Unjuk Kebolehan di Hotel Bintang 5

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 11:28 WIB
Kejuruan Pariwisata Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Medan menggelar simulasi pelayanan makanan dan minuman pada hotel bintang 5.
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Kejuruan Pariwisata Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Medan menggelar simulasi pelayanan makanan dan minuman pada hotel bintang 5. Kegiatan ini dilakukan melalui Joint Practice, yakni kolaborasi kegiatan praktek program pelatihan Commercial Cookery, Bakery, Commis Pastry, & Restaurant Attendant.

Kepala BBPLK Medan, Muhammad Ali mengatakan dalam kegiatan tersebut, para peserta melaksanakan simulasi pelayanan makan siang serta sarapan di workshop Food & Beverage Product BBPLK Medan. Adapun kegiatan berlangsung selama satu minggu mulai dari 8-16 Maret 2021.

"Hari ini sedang berlangsung joint practice antara beberapa peserta pelatihan dari pelatihan yang berbeda, mulai dari room attendant, cookery, hingga pelatihan pastry di mana mereka berkolaborasi satu sama lain menyuguhkan satu pelayanan yang kita andaikan di sebuah hotel bintang lima," ujar Ali dalam keterangan tertulis, Jumat (19/3/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan kegiatan Joint Practice bertujuan untuk mensimulasikan suasana pelayanan pada hotel bintang 5. Melalui kegiatan ini, ia berharap para peserta dapat lebih siap dan percaya diri untuk bekerja pada sektor pariwisata dan perhotelan.

Dalam kegiatan ini, Ali menjelaskan pihaknya juga menggandeng para General Manager Hotel di Kota Medan, yang tergabung dalam IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association). Menurutnya, kehadiran para stakeholder dapat bermanfaat dalam memberikan feedback kepada para peserta pelatihan.

Sementara itu, GM Hotel Sibayak, Achmad Zulham, yang juga Ketua DPD IHGMA Sumatera Utara mengaku senang senang melihat pelayanan yang diberikan oleh para peserta. Menurutnya, kegiatan ini mengingatkan pengalaman awal para GM memulai karir di dunia perhotelan.

"Makanan yang disuguhkan tidak kalah dengan restoran hotel bintang 5. Demikian juga pelayanan yang diberikan sudah menunjukkan standar pelayanan di industri perhotelan. Beberapa catatan perbaikan sangat dimaklumi mengingat pelatihan yang baru dilaksanakan selama 2 bulan. Seiring dengan jam terbang yang bertambah, saya yakin para peserta akan semakin mahir dan tidak tertutup kemungkinan kalian bisa mencapai puncak karir sebagai GM Hotel, sebagaimana yang sudah kami lewati," ungkapnya.

Sebagai informasi, kegiatan Joint Practice menghadirkan para GM Hotel di Medan antara lain, GM Sibayak Hotel, Santika Dyandra, Reiz Condo, Grand Inna, Hotel, Harper Wahid Hasyim, Ibis Style, Grand Mercure, Four Point By Sheraton, Fave Hotel S Parman, Prime Plaza Kualanamu, Swisbelinn Gajah Mada, Lepolonia By Topotels dan General Manager Aryaduta Medan, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara, APINDO, KADIN, PHRI dan pengurus FKLPI Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan ini juga menghadirkan para content creator yang tergabung dalam Komunitas Kreatif Kota Medan dan para media di Kota Medan.

(akn/ega)