Duh! 76 Kabupaten/Kota Masuk Zona Merah Kepatuhan Masker

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:50 WIB
Poster
Foto ilustrasi kepatuhan memakasi masker. (Edi Wahyono/detikcom)

Wiku menyebut hanya 69 kabupaten/kota yang tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan di bawah 60. Menurut Wiku, data yang ada terkait kepatuhan menerapkan prokes ini merupakan capaian yang positif.

"Selain itu, terhadap 86 kabupaten/kota yang memiliki kepatuhan di tingkat 61-75 persen dan hanya 69 kabupaten/kota yang memiliki kepatuhan di bawah 60 persen. Secara umum mayoritas kabupaten/kota sudah cukup patuh dalam memakai masker serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan tentunya hal ini merupakan capaian yang positif," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan adanya perbaikan perkembangan pandemi virus Corona di Pulau Jawa dan Bali. Kini, kontribusi kasus positif COVID-19 dan kasus meninggal tidak lagi didominasi oleh provinsi-provinsi di Pulau Jawa dan Bali.

"Saya juga ingin menyampaikan perkembangan kasus di Pulau Jawa dan Bali, secara umum menunjukkan perbaikan. Melihat kontribusi kasus positif dan meninggal tidak lagi didominasi oleh provinsi dari (di, red) Pulau Jawa dan Bali," sebut Wiku.

"Tersisa Provinsi Banten di lima provinsi dengan kenaikan kasus baru tertinggi dan Jawa Tengah serta Jawa Barat di lima provinsi dengan kenaikan kematian baru yang tertinggi," sambung dia.


(zak/imk)