Penambahan Kasus Corona di RI Turun 11,62% Pekan Ini, Kematian Naik 5,45%

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:10 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Kasus positif Corona hari ini bertambah 6.570. Total kumulatif kasus positif Corona di RI sampai hari ini tercatat 1.443.853.

Hal itu disampaikan Jubir Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, secara langsung melalui Channel YouTube BNPB, Kamis (18/3/2021). Dalam kesempatan itu, Wiku mengatakan kasus Corona di minggu ini mengalami penurunan sebesar 11,62%.

"Secara nasional penambahan kasus mingguan di minggu ini lebih sedikit dibanding minggu lalu atau turun 11,62%," ujar Wiku.

Meski demikian, ada 5 provinsi dengan jumlah kenaikan kasus yang mengalami penambahan. Kelima provinsi itu ialah Banten, Papua, Maluku Utara, Gorontalo, dan Bangka Belitung.

Selain itu, Wiku menyampaikan kasus kematian akibat COVID-19 mengalami kenaikan dibanding minggu lalu. Kenaikan angka kematian itu sebesar 5,45%.

"Penambahan kematian di minggu ini meningkat dibandingkan minggu lalu, yaitu sebesar 5,45% setelah sempat mengalami peningkatan yang cukup tinggi pada dua minggu lalu, angka kematian baru menurun pada minggu lalu dan kembali meningkat di minggu ini," katanya.

Lebih lanjut, Wiku menerangkan, tingkat kesembuhan pada minggu ini juga mengalami penurunan. Penurunan itu terjadi selama lima minggu berturut-turut.

"Kesembuhan penambahan kesembuhan di minggu ini sayangnya mengalami penurunan kembali, yang berarti kesembuhan menurun selama lima minggu berturut-turut. Di minggu ini, jumlah kasus sembuh mengalami penurunan sebesar 1,8%.

"Hal ini dapat terjadi karena pada kasus positif baru juga mengalami penurunan selama tujuh minggu berturut-turut, sehingga mempengaruhi kasus sembuh juga," imbuhnya.

(man/imk)