Berkas 13 Korporasi Tersangka Kasus Jiwasraya Dilimpahkan ke Kejari Jakpus

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 15:29 WIB
Kejagung limpahkan berkas 13 korporasi tersangka kasus Jiwasraya (Wilda-detikcom)
Kejagung limpahkan berkas 13 korporasi tersangka kasus Jiwasraya. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) melimpahkan berkas dan barang bukti 13 tersangka korporasi kasus Jiwasraya ke jaksa penuntut umum (JPU) di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Kejari Jakpus). Ke-13 korporasi tersangka kasus Jiwasraya itu segera disidang.

"Tim jaksa penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, telah melakukan serah-terima tanggung jawab tersangka dan barang bukti 13 berkas perkara tersangka korporasi perkara tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya kepada jaksa penuntut umum pada Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Leonard mengatakan 13 tersangka korporasi itu ialah:

1. PT Millenium Capital Management
2. PT Treasure fund Investama
3. PT Pool Advista Aset Manajemen
4. PT GAP Capital (dahulu PT Guna Abadi Perkasa)
5. PT Maybank Asset Management
6. PT Pinnacle Persada Investama
7. PT Sinarmas Asset Management
8. PT Corfina Capital
9. PT Jasa Capital Asset Management
10. PT Prospera Asset Management
11. PT MNC Asset Management
12. PT OSO Management Investasi
13. PT PAN Arcadia Capital (dahulu PT Dhawibawa Manajemen Investasi)

Para tersangka korporasi datang dan diwakili oleh pengurus perusahaan masing-masing ke Kejari Jakarta Pusat. Mereka kemudian diperiksa oleh jaksa penuntut umum.

"Para tersangka korporasi manajer investasi tersebut di atas datang dan diperiksa oleh Jaksa Penuntut Umum (BA-15) yang diwakili oleh pengurus perusahaan dan didampingi oleh satu orang penasihat hukum masing-masing," ujarnya.

Ke-13 tersangka korporasi Jiwasraya itu dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP subsider Pasal 3 juncto Pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang subsider Pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 2010.

Tim JPU Kejari Jakpus kemudian akan menyusun dakwaan. Setelah itu, jaksa bakal melimpahkan berkas ke PN Jakpus untuk disidang.

"Setelah serah-terima tanggung jawab dan barang bukti tersebut di atas, tim jaksa penuntut umum akan segera mempersiapkan surat dakwaan untuk kelengkapan pelimpahan ke-13 berkas perkara tersebut di atas ke pengadilan tindak pidana korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," tutur Leonard.

Simak juga Video: Moeldoko Siap Fasilitasi Korban Jiwasraya Bertemu Kementerian BUMN

[Gambas:Video 20detik]

(whn/haf)