d'Rooftalk Soroti Wacana Presiden Tiga Periode

dtv - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 08:55 WIB
Jakarta -

Wacana masa jabatan presiden 3 periode kembali mencuat. Menanggapinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak berminat menjadi presiden untuk 3 periode. Presiden meminta tak ada kegaduhan baru dengan isu-isu di publik.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pada 2019 sudah pernah menolak usulan jabatan presiden menjadi tiga periode. Kala itu, wacana penambahan masa jabatan presiden muncul bersamaan dengan usulan amandemen UUD 1945. Jokowi merasa usulan itu seperti hendak menjerumuskannya.

Sementar itu Kantor Staf Presiden (KSP) menilai wacana itu kembali merugikan Presiden Jokowi. KSP menilai ada agenda tersembunyi di balik isu perpanjangan masa jabatan presiden tersebut.

Wacana ini muncul kembali setelah mantan Ketua MPR sekaligus politikus Partai Ummat Amien Rais melemparkan kecurigaan Jokowi akan meminta MPR menggelar sidang istimewa. Salah satu agenda sidang istimewa itu adalah memasukkan pasal masa jabatan presiden hingga tiga periode.

Sebelumnya, isu ini sempat disinggung Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng dalam analisis politik di balik perebutan paksa Demokrat oleh Moeldoko. Salah satunya menjadikan Demokrat sebagai pendukung pemerintah. Target utamanya menguasai 2/3 suara parlemen untuk melakukan amandemen konstitusi (UUD 1945).

Sementara itu politikus partai Gerindra Arief Poyuono melalui keterangan tertulis menyatakan rakyat menginginkan agar Presiden Jokowi bisa memimpin 3 periode agar Indonesia bisa bangkit dari dampak pandemi COVID-19. Untuk itu, Arief mengharapkan Presiden Jokowi legowo mendengarkan keinginan rakyat untuk menjadi presiden 3 periode.

Arief justru meminta para elite politik menghilangkan keinginan untuk merebut kursi presiden dan berkonsentrasi memperkuat pemerintahan Jokowi untuk menyelamatkan rakyat dari dampak pandemi. Menurutnya hanya para elite politik yang punya kepentingan menjadi capres yang menolak Jokowi 3 periode.

Dipandu Alfito Deannova, D'Rooftalk berdiskusi soal wacana penambahan masa jabatan presiden 3 periode ini bersama Wakil Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Wakil Ketua MPR yang juga politisi PKS Hidayat Nur Wahid, politikus partai Gerindra Arief Poyuono, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng dan pakar hukum tata negara Zainal Arifin Mochtar. Simak perbincangannya dalam D'Rooftalk: 'Di Balik Wacana Masa Jabatan Presiden 3 Periode' hanya di detikcom.

(hnf/hnf)