Pengakuan Penyintas Corona Inggris

Fajar Y. Rasdianto - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 13:03 WIB
Podcast detikX Episode 4
Ilustrasi: Luthfy Syahban
Jakarta -

Masuknya virus Corona varian B117, atau yang dikenal sebagai Corona Inggris, menghentak banyak pihak. Varian ini ditemukan pada dua pekerja migran Indonesia asal Karawang, Jawa Barat, dan lalu empat pasien lagi sepanjang dua minggu ini.

Lantas seperti apa pengakuan para penyintas virus Corona B117? A, salah seorang pekerja migran yang baru pulang ke Indonesia mengatakan, dia tak tahu sama sekali bahwa genom virus COVID-19 yang diidapnya diambil untuk identifikasi Corona B117.

A tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 30 Januari 2021, kemudian dikarantina selama beberapa hari di sebuah hotel dan Wisma Atlet karena positif COVID-19. Setelah sembuh, dia diperbolehkan pulang. Ia kaget bukan kepalang ketika pada awal Maret mendengar kabar bahwa dirinya adalah pasien pertama Corona B117 di Indonesia.

Baca Juga: Teledor Menghadang Mutan

Sedangkan M mengaku sama sekali tak diberitahu dia positif COVID-19, apalagi B117. Sama dengan A, begitu tiba di Bandara Soetta pada 27 Januari 2021, ia dikarantina di hotel dan rumah sakit. Beberapa hari setelah pulang dari karantina, Satgas penanganan COVID-19 datang ke rumahnya dan melacak semua kontak eratnya.

Dengarkan kisah para penyintas Corona Inggris itu selengkapnya di Podcast d'Investigator episode keempat. Judulnya, "Kisah Penyintas Corona Inggris". Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan d'Investigator di Spotify.

(irw/irw)