Polisi Tetapkan 2 Tersangka Kasus Pengeroyokan Ketua PAC PDIP Sumbawa

Faruk Nickyrawi - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 22:08 WIB
Ilustrasi penganiayaan (dok detikcom)
Foto: Ilustrasi pengeroyokan (dok detikcom)
Sumbawa -

Polisi menetapkan dua orang tersangka kasus dugaan pengeroyokan ketua PAC PDIP Sumbawa Abdul Raup hingga meninggal dunia. Kedua tersangka adalah MJ (41) dan JH (45).

"Enam orang telah diamankan ke Mapolres. Dua orang telah ditetapkan sebagai tersangka yakni MJ dan JH. Sementara sisanya masih sebagai saksi dan diamankan juga," ungkap Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra pada dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Polisi masih menyelidiki lebih lanjut terkait kasus ini. Widy meminta masyarakat percaya sepenuhnya soal pengusutan kasus tewasnya Abdul Rauf.

"Terkait permasalahan ini, serahkan ke aparat hukum. Bantu kita memberikan informasi lebih banyak agar kita segera mengumpulkan alat bukti dan keterangan agar segera proses sampai selesai," harapnya.

Polisi tengah mendalami motif dari kedua tersangka menganiaya Abdul Raup. Termasuk juga kronologis penganiayaan Abdul Raup.

"Masih kita dalami semuanya. Bagaimana kronologis sebenarnya terjadi, kita juga meminta bantuan dari rekan-rekan korban kita jadikan sebagai saksi. Kita butuh kesaksian dan alat bukti. Baru dua orang teman korban kita mintai keterangan. Kita koordinasikan dengan pihak korban agar datang ke Polres untuk memberikan keterangan," tuturnya.

Kasubbag Humas Polres Sumbawa AKP Sumardi mengatakan personel gabungan disiagakan. Satu pasukan disiagakan di wilayah Batugong dan satu pasukan lainnya bersiaga di Kecamatan Lantung.

"Personel gabungan sudah kami siagakan, hal ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan" ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa pengeroyokan ini bermula saat korban mencari keberadaan terduga pelaku JH. Ketika itu korban menduga JH bercerita kepada istri korban kerap mengunjungi tempat hiburan di kawasan Batu Gong bersama dengan perempuan partner song (PS).

Korban akhirnya bertemu dengan JH. Cek-cok dan perkelahian antara keduanya pun tak terhindarkan. Perkelahian itu membuat teman-teman JH, seperti MJ, JS, AS, AL, dan ID, ikut mengeroyok korban, hingga akhirnya korban tewas dengan sejumlah luka tusukan.

"Korban merupakan salah satu Ketua PAC PDIP di Sumbawa. Saat ini kita sudah amankan 5 orang terduga pelakunya," kata Dirreskrimum Polda NTB, Kombes Hari Brata, kepada wartawan, Rabu (10/3/2021).

(isa/isa)