HUT Ke-24, Pemkot Bekasi Resmikan 10 Infrastruktur dari RSUD-Sekolah

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 21:08 WIB
DPRD Kota Bekasi
Foto: DPRD Kota Bekasi
Jakarta -

Bertepatan dengan hari ulang tahun ke-24, Pemerintah Kota Bekasi meresmikan 10 infrastruktur dan prasarana gedung mulai dari mal hingga sekolah. Adapun peresmian ini bertujuan untuk memajukan Kota Bekasi

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyampaikan fasilitas kesehatan cath lab di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid di Bekasi Selatan menjadi salah satu prasarana baru yang diresmikan Pemkot Bekasi. Ia berharap prasarana ini dapat mempermudah akses kesehatan bagi masyarakat Kota Bekasi.

"Ada 10 fasilitas infrastruktur dan prasarana gedung yang diresmikan bertepatan dengan HUT Kota Bekasi. Pertama, fasilitas pelayanan kesehatan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid yaitu cath lab jantung anak, neuro intervensi dan poly thalassemia," ujarnya dalam Rapat Paripurna HUT Kota Bekasi ke-24 di DPRD Kota Bekasi, Rabu (10/3/2021).

"Kita tinggal selangkah lagi untuk bisa punya bedah jantung di Kota Bekasi. Saya kira untuk kepentingan ini semua mengharapkan (fasilitas ini ada). Sehingga kalau ada yang (operasi) gagal jantung bisa dilakukan di Kota Bekasi," ungkapnya.

Lebih lanjut Rahmat menyebut pihaknya juga meresmikan groundbreaking pembangunan LRT, Mall Pelayanan Publik (MPP), Gedung Pemasyarakatan Bulak Kapal, Gedung Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Gedung Kementerian Agama Kota Bekasi, Gedung Polsek Bekasi Kota, serta RSUD Tipe D Teluk Pucung di Bekasi Utara.

"Yang kedua groundbreaking pembangunan LRT. Ketiga, mall pelayanan publik dengan berbagai kelengkapan fasilitas pelayanan. Ada 147 pelayanan terkini dan kami beri nama dengan Mall Pelayanan Publik Grha H. Dudung T Ruskandi," jelasnya.

Di samping itu, dalam rangka mendukung akses pendidikan dan kesehatan di wilayah Kota Bekasi, Pemkot Bekasi juga meresmikan sekolah baru dan layanan kesehatan berupa puskesmas.

"Kesembilan adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kalibaru 1, dan yang kesepuluh adalah Puskesmas Jati Kramat," katanya.

Terkait hal ini, Rahmat bersyukur lantaran di tengah pandemi Pemkot Bekasi masih dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik. Salah satunya melalui realisasi sejumlah pembangunan infrastruktur dan prasarana.

"Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kekuatan. Pandemi tidak menghalangi kita untuk tetap menjalankan tugas (sebagai) pelayanan publik dan penyelenggara pemerintahan. Tekad yang kuat dapat merealisasikan pembangunan yang sudah direncanakan dan komitmen terhadap perwujudan visi kota bekasi yang terus kita upayakan," paparnya.

Di sisi lain, Ketua DPRD Bekasi Chairoman J. Putro mengatakan adanya infrastruktur dan prasarana baru dapat meningkatkan kinerja para pihak terkait. Ia berharap ke depan sinergitas antar DPRD Kota Bekasi dan Pemkot Bekasi dapat terus terjalin baik.

"Mudah-mudahan ini menjadi kado yang dapat meningkatkan semangat dan kinerja sesuai dengan komitmen para kepala daerah dan DPRD. Dan berharap sinergitas antara DPRD dan Pemerintah Kota Bekasi terus terjalin dengan baik serta menjadikan kekurangan selama ini sebagai bahan evaluasi demi sebuah perubahan Kota Bekasi," katanya.

Chairoman juga mengapresiasi Pemkot Bekasi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi yang telah bekerja sama baik dalam membangun Kota Bekasi dan menyelesaikan persoalan di wilayahnya.

"Dalam kesempatan ini, kami atas nama lembaga DPRD memberikan apresiasi kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah beserta jajarannya atas kerja sama yang baik untuk cepat tanggap dalam penanganan bencana dan masalah yang timbul sehingga bekasi jadi aman, nyaman, dan damai," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut turut hadir Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum, jajaran Pemkot Bekasi, jajaran Dinas Kota Bekasi serta para Kepala Daerah Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

Lihat juga Video: Suasana Upacara Penurunan Bendera Pemkot Bekasi

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)