Lapan Tepis Kabar Penolakan Landasan SpaceX di Biak: Kami Terima Dukungan!

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 17:36 WIB
Gagal Mendarat, Begini Penampakan Roket SpaceX Starship Milik Elon Musk
Foto ilustrasi roket Space X. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjelaskan soal program bandar antariksa di Pulau Biak, Papua. Lapan sudah menerima dukungan dari sejumlah tokoh adat setempat terkait rencana pembangunan bandar antariksa ini.

"Bandar antariksa sudah diamanatkan di UU Keantariksaan dan sudah masuk di Rencana Induk Keantariksaan 2015-2040. Lapan menetapkan Biak sebagai lokasi bandar antariksa," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin kepada detikcom, Rabu (10/3/2021).

Thomas menjelaskan bahwa dukungan terhadap program ini telah disetujui oleh tokoh ada setempat. Bandar antariksa ini tidak terkait langsung dengan pembangunan landasan SpaceX dari Elon Musk.

"Lapan sudah menerima surat dukungan dari tokoh-tokoh adat Biak soal pembangunan bandar antariksa sejak beberapa tahun lalu. Tidak terkait dengan berita soal Elon Musk atau SpaceX," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa kerja sama untuk membangun landasan SpaceX tersebut masih gagasan umum. Lapan saat ini masih menjajaki kemitraan dengan sejumlah pihak.

"Gagasan bandar antariksa dengan Elon Musk masih gagasan umum. Lapan sedang menjajaki kemitraan dengan banyak pihak," ungkapnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa tahun lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak CEO SpaceX Elon Musk untuk meluncurkan roket andalan mereka di Indonesia. Ajakan tersebut jadi sinyal positif dunia antariksa Tanah Air.

Simak video 'Beda 3 Uji Coba Roket Starship SpaceX yang Berakhir Ledakan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2