Sindikat Curanmor di Tebet Ditangkap Polisi, Ada yang Bawa 'Pistol Korek'

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 23:48 WIB
Ilustrasi Pencurian Moto
Foto ilustrasi pelaku pencurian motor. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Komplotan pelaku curanmor di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, ditangkap polisi. Dari salah satu pelaku, polisi menyita sebuah korek api berbentuk pistol.

Kapolsek Tebet Kompol Budi Cahyono mengungkap kasus itu terbongkar setelah polisi menangkap tersangka Suparna pada Rabu (3/3) dini hari lalu. Suparman saat itu mencuri motor milik korban RS yang diparkir di pinggir di Manggarai Selatan, Tebet, Jakarta Selatan.

"Berawal diamankan seorang laki-laki bernama Suparna di Jalan Al Barkah, Manggarai Selatan, Tebet, Jaksel yang hendak mengambil motor yang sedang diparkir dengan menggunakan kunci T," ujar Budi saat dikonfirmasi, Selasa (9/3/2021).

Polisi kemudian menggeledah Suparna. Dalam penggeledahan itu, didapati beberapa barang bukti, di antaranya korek api berbentuk pistol.

"Ditemukan pada tersangka satu buah kunci letter T dan korek api berbentuk senpi. Kemudian dilakukan pengembangan, sehingga pelaku Suparna mengakui bahwa pada hari Rabu tanggal 3 Maret 2021 jam 02.30 WIB, telah melakukan pencurian terhadap satu unit sepeda motor Satria Fu150 warna hitam," ungkap Budi.

Setelah diperdalam, ternyata aksi Suparna itu dilakukan bersama pelaku lain bernama Muhammad Rafli (19). Namun, motor milik korban hingga kini masih dalam proses pencarian.

Polisi terus melakukan pengembangan dari kasus curanmor ini. Alhasil, polisi berhasil mengamankan dua pelaku lain yang berperan sebagai penadah.

"Kemudian dari hasil pengembangan, tim opsnal berhasil mengamankan kembali dua pelaku yang mempunyai peran sebagai penadah," ujarnya.

Dua pelaku penadah itu diketahui bernama Angga Saputra (21) dan Aris (39). Dari penangkapan itu, polisi berhasil mengamankan barang bukti 2 unit motor berjenis Yamaha Fino dan Yamaha Mio Soul. Hingga kini, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

(mea/mea)