Round-Up

Dalih Tak Paham Penumpang Pesawat Buka Jendela Darurat

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 22:31 WIB
Pesawat ATR Wings Air
Foto: dikhy sasra/detikcom
Medan -

Seorang penumpang pesawat Wings Air IW-1248 rute Bandara Kualanamu tujuan Bandara Binaka di Gunung Sitoli, Sumatera Utara, membuka jendela darurat saat pesawat hendak berangkat. Setelah diperiksa, penumpang tersebut tidak paham soal jendela darurat tersebut.

Tindakan yang dilakukan oleh HS (29) tersebut membuat semua penumpang diturunkan dan pesawat terlambat terbang. Ada 44 penumpang serta empat awak yang ada dalam pesawat tersebut.

"Atas kondisi tersebut, seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan bandar udara," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, kepada wartawan, Minggu (7/3/2021).

HS kemudian diserahkan kepada petugas keamanan bandara (aviation security). Petugas layanan darat kemudian melakukan pemeriksaan terhadap pesawat.

Pesawat yang seharusnya berangkat pukul 08.45 WIB kemudian berangkat pukul 09.40 WIB dengan menggunakan pesawat Wings Air yang lain, yakni ATR 72-600 registrasi PK-WHM. Pesawat mendarat di Gunung Sitoli pada pukul 10.45 WIB.

Plt Manager Branch Communication and Legal, Bandara Kualanamu, Paulina Simbolon, mengatakan HS mengaku tidak tahu dampak jika jendela darurat pesawat dibuka. Hal itu diketahui dari surat pernyataan yang dibuat oleh penumpang itu.

"Dari pernyataan yang dia buat karena yang bersangkutan tidak memahami akibat dari perbuatan yang dilakukan," kata Paulina saat dikonfirmasi, Senin (8/3/2021).

Selanjutnya
Halaman
1 2