Bobby Janji Bikin RS Pirngadi Lebih Baik, Prioritas 1 Insentif Nakes Beres

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 18:41 WIB
Bobby saat sidak ke RS Pirngadi Medan (dok. Istimewa)
Bobby saat sidak ke RS Pirngadi Medan. (dok. Istimewa)
Medan -

Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution mengatakan bakal membenahi Rumah Sakit (RS) Pirngadi, Medan. Dia berjanji membuat fasilitas RS tersebut lebih baik.

"Sekarang RS Pirngadi itu kan sudah jadi UPT (unit pelaksana teknis) di Dinkes Medan, memang anggarannya ini nanti bisa sebagian tanggung jawab dari dinas kesehatan," kata Bobby Nasution usai rapat paripurna di DPRD Medan, Senin (8/3/2021).

Bobby menyebutkan anggaran untuk Pemko Medan telah diketok akhir tahun lalu. Bobby mengatakan bakal mencari cara untuk mengubah RS tersebut menjadi lebih baik karena bidang kesehatan menjadi salah satu fokus dirinya.

"Oleh karena itu anggaran ini kan sudah dibuat kemarin, diketok Desember (tahun 2020) kemarin, makanya ini kita lagi sisip-sisipkan mana yang mudah-mudahan didukung oleh Ketua DPR dan anggota dewan seluruhnya bisa kita ada perubahan, mudah-mudahan bisa cepat jadi kita fokuskan. Karena bagian kesehatan ini salah satu fokus kita," ujar Bobby.

Bobby menambahkan dirinya bakal mengerjakan hal yang dianggap paling cepat untuk saat ini. Dia pun mengaku yang paling cepat dikerjakan saat ini adalah pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) yang sempat tertunda pembayarannya beberapa waktu lalu.

"Oleh karena itu, kemarin salah satu yang paling utama kita lakukan sekarang, yang paling cepat ya, kita sekarang cari yang paling cepat. Yang paling cepat itu insentif nakes. Itu kan sudah mulai kita proses ini. Untuk melakukan pembayarannya yang terlambat kemarin," sebut Bobby.

Sebelumnya, Bobby Nasution sempat melakukan inspeksi mendadak ke RSUD Pirngadi Medan pada Kamis (4/3). Bobby menemukan sejumlah fasilitas tak layak di rumah sakit tersebut.

"Fasilitas juga masih banyak yang tidak berfungsi dan tidak layak. Eskalator mati, ada pintu kaca yang pecah. Kebersihan juga masih belum maksimal, masih banyak sampah berserakan," kata Bobby Nasution.

Bobby mengecek sejumlah hal mulai dari kinerja dokter hingga pelayanan yang diterima para pasien. Bobby juga terlihat meninjau proses pendaftaran pasien hingga mengecek jumlah tempat tidur pasien dan jumlah pasien COVID-19 yang dirawat.

Dia juga bertanya kepada pasien soal intensitas kunjungan dokter setiap hari. Selain itu, Bobby menyebut banyak fasilitas yang seharusnya dapat digunakan untuk dokter dan pasien tapi tidak berfungsi.

"Hal ini menjadi perhatian Pemko Medan ke depan, karena rumah sakit sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan. Apalagi kita masih dalam situasi pandemi, masyarakat seharusnya memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap dan memadai," ucap Bobby.

(jbr/jbr)