Gelapkan 13 Mobil Rental di Kelapa Gading, 4 Pelaku Ditangkap Polisi

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 18:39 WIB
borgol
Foto Ilustrasi Borgol (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polsek Kelapa Gading meringkus 4 pelaku curanmor, yakni 3 pria berinisial RH, CJ, dan MNK, serta 1 perempuan berinisial MLA. Para pelaku mencuri mobil milik korban dengan modus rental.

Kapolsek Kelapa Gading Kompol Rango Siregar mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari laporan korban yang notabene pemilik perusahaan rental mobil. Kata Rango, pelaku MLA awalnya menyewa mobil selama dua minggu, yakni sejak 13-26 November 2020 dengan harga sewa Rp 7,5 juta.

"Awalnya dilaksanakan kontrak kerja dua minggu, kemudian dilanjutkan dengan harian," ujar Rango di Polsek Kelapa Gading, Jakut, Senin (8/3/2021).

MLA memperpanjang sewanya dengan sewa harian dengan tarif per hari sebesar Rp 800.000 hingga 8 Desember 2020. Namun belakangan, MLA bersama RH dan CJ selaku penerima mobil kabur.

Ringo berujar MLA dibantu MNK menggadaikan mobil korban ke Madura, Jawa Timur. Adapun mobil tersebut digadaikan dengan harga Rp 45 juta.

"Dari aksi tersebut, para tersangka bisa menggelapkan sebanyak 13 kendaraan milik perusahaan, salah satu perusahaan rental mobil di wilayah Kelapa Gading," ucap Ringo.

Menurut Ringo, mobil-mobil hasil penggelapan itu dijual ke daerah Jawa dan Sumatera. Dia lantas mengimbau perusahaan-perusahaan rental lainnya melapor ke polisi apabila mengalami hal serupa.

"Sementara kita baru mendapati satu rental, hingga kami mengimbau kepada perusahaan ataupun mungkin yang merasa dirugikan terkait dengan kejadian ini ataupun pernah menjadi korban, bisa melakukan pengecekan terkait dengan keempat tersangka tersebut," kata dia.

Para tersangka pun dijerat Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Lihat juga Video: Polisi Tangkap 60 Maling Motor di Bogor, Warga Berdatangan

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)