907 Bhabinkamtibmas Dilatih sebagai Tracer COVID di Kampung Tangguh Jaya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 18:25 WIB
Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Didiet Setioboedi.
Foto: Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Didiet Setioboedi. (dok.istimewa)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengerahkan personel Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19. Para Bhabinkamtibmas ini yang akan turun langsung melakukan pelacakan terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Didiet Setioboedi mengatakan, upaya ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Covid-19. Dengan diterjunkannya Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19, diharapkan mata rantai penularan virus Corona dapat diputus dengan cepat.

Sebelum diturunkan ke lapangan, para Bhabinkamtibmas akan diberikan pembekalan dan pelatihan terlebih dahulu. Ini bertujuan agar nantinya para Bhabinkamtibmas mengetahui apa yang harus dilakukan sebagai tracer Covid-19.

"Personel Bhabinkamtibmas ini yang langsung turun sebagai tracer, sehingga dia harus tahu ketika ada warga yang positif Covid, kemudian dia harus tahu berapa orang di sekitarnya yang harus di-tracing," kata Didiet kepada detikcom, Senin (8/3/2021).

Pelatihan bagi Bhabinkamtibmas tracer Covid-19 ini mulai dilaksanakan pada pekan depan. Pelatihan diberikan secara bertahap dibagi ke dalam 3 gelombang.

"Mungkin ada sekitar 907-an (Bhabinkamtibmas), nanti dibagi 3-4 gelombang pelatihannya," imbuh Didiet.

Para Bhabinkamtibmas ini nantinya diberi buku panduan. Buku panduan sederhana ini memuat informasi terkait apa saja yang harus dilakukan oleh Bhabinkamtibmas sebagai seorang tracer Covid-19.

"Buku sederhana untuk para Bhabinkamtibmas yang akan memberikan pengetahuan kepada para Bhabinkamtibmas tentang tugas mereka sebagai seorang tracer. Diharapkan nanti para Bhabinkamtibmas bisa mengidentifikasi, menilai situasi di mana anggota masyarakat yang terkena Covid, sehingga bisa memutus mata rantai penularan virus Corona," jelas Didiet.

Melibatkan Epidemiolog

Polda Metro Jaya akan menghadirkan tenaga kesehatan dalam pelatihan tracer Covid-19 ini. Selain itu, epidemiolog dan beberapa pakar juga akan diundang untuk memberikan pengetahuan kepada para Bhabinkamtibmas.

"(Tenaga kesehatan) dari kami kami, semua lah. Nanti Pak Kapolda juga akan menghadirkan epidemiolog, pakar-pakar juga. Supaya seorang Bhabinkamtibmas, seorang Kapolsek tahu itu apa namanya morterilin, ini sudah tinggi, udah tahu data-datanya," katanya.

Para Bhabinkamtibmas ini nantinya akan melakukan tracing di Kampung Tangguh Jaya. Sebagai seorang tracer, anggota Bhabinkamtibmas ini nanti yang turun menemui warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19.

Bhabinkamtibmas nanti akan menuju ke rumah warga tersebut untuk melakukan testing bersama petugas kesehatan. Bhabinkamtibmas akan menanyakan gejala apa saja yang dialami oleh warga yang kontak erat tersebut.

Selanjutnya, petugas akan mengambil sampel untuk di-swab. Hasil tracing pasien ini nantinya akan diserahkan ke Puskesmas setempat.

Tidak hanya melakukan tracing Covid-19, Bhabinkamtibmas juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19. Bhabinkamtibmas pula yang terjun langsung memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan kepada warga.

Lihat juga Video: TNI-Polri Dilibatkan Untuk Tracer Covid-19, Ini Kata Menkes

[Gambas:Video 20detik]



(mea/fjp)