Di Momen Sertijab, Komjen Paulus Pesan Polda Papua Atensi Masalah Rasisme

Wilpret Siagian - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 13:44 WIB
Komjen Paulus Waterpauw, Komjen Paulus Waterpauw, saat momen serah terima jabatan Kapolda Papua dengan Irjen Mathius Fakhiri (Wilpret S/detikcom)
Komjen Paulus Waterpauw, Komjen Paulus Waterpauw, saat momen serah-terima jabatan Kapolda Papua dengan Irjen Mathius Fakhiri. (Wilpret S/detikcom)
Jayapura - Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Paulus Waterpauw berpesan kepada Kapolda Papua agar masalah rasialisme menjadi atensi utama. Dia mengatakan isu rasialisme sangat sensitif bagi masyarakat Papua.

"Masalah rasisme harus menjadi atensi kita di Polda Papua, karena hal ini sangat sensitif bagi orang Papua," ujar Komjen Paulus Waterpauw saat acara serah-terima jabatan Kapolda Papua di Mapolda Papua, Senin (8/3/2021).

Dia mengingatkan soal masalah rasialisme yang terjadi di Jawa Timur (Jatim) pada 2019 sempat membuat suasana di Papua memanas. Dia menceritakan, panasnya situasi di Papua membuatnya harus kembali ke Bumi Cenderawasih untuk memimpin Polda Papua kedua kalinya.

"Jadi saya ingatkan kepada Kapolda Papua agar masalah rasisme menjadi perhatian khusus, karena sangat sensitif bagi orang Papua," tegasnya.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri berterima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memberi kepercayaan kepadanya untuk melanjutkan kepemimpinan Komjen Paulus Waterpauw memimpin Polda Papua. Selaku anak Papua, dia mengatakan akan melanjutkan program yang dibuat Paulus Waterpauw untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan membangun Papua.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Kakak Besar, Paulus Waterpauw, yang merupakan orang pertama anak Papua menjadi bintang tiga khususnya di kepolisian. Kami berharap anak-anak Papua bisa mengikuti jejak Pak Paulus Waterpauw," ujarnya.

Fakhiri juga berharap Komjen Paulus Waterpauw tetap memberikan perhatian kepada Papua agar kondisi Papua semakin aman dan kondusif. (jbr/jbr)