Herman Deru Ingatkan Alumni IPDN Tak Dieksklusifkan di Pemerintahan

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 22:42 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Pengurus Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2021-2026 resmi dilantik. Pelantikan disaksikan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru.

Herman berpesan agar tidak ada lagi eksklusifitas bagi alumni IPDN dalam pemerintahan, terutama di Provinsi Sumsel. Para lulusan IPDN, kata Herman, harus menjadi abdi negara yang mengayomi dan supel.

Ia juga meminta agar Kemendagri lebih memperhatikan penyebaran alumni IPDN di daerah terutama di daerah kabupaten pemekaran yang relatif kekurangan pegawai. Herman memaparkan berdasarkan pengalamannya memimpin daerah pemekaran, ia melihat alumni IKAPTK bisa berperan banyak.

Namun ia melihat penempatan di daerah masih cenderung terbatas pada kabupaten induk saja. Padahal keberadaan alumni ini di daerah akan sangat membantu kepala daerah.

"Alumni PTK ini adalah orang pilihan. Mawasdiri lah selalu karena dalam sebuah organisasi kerja baik kementerian atau provinsi juga ada yang non IPDN. Jadi hindarilah mengeksklusifkan diri," pesan Herman dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (7/3/2021).

Dalam kesempatan itu Herman juga mengapresiasi Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri yang mendorong IKAPTK Sumsel untuk menjadi organisasi yang mandiri secara ekonomi. Hal itu diimplementasikan melakukan kegiatan ekonomi kreatif di bidang kuliner dan lainnya untuk menjalankan organisasi. Ia juga menyarankan pembentukan IPDN cabang Sumsel yang akan dipusatkan di Pagaralam.

"Di Papua ada, Sulawesi ada, Sumbar juga ada. Nah kita ingin ada juga cabang IPDN di Sumsel yang akan dipusatkan di Pagaralam," sebut Herman.

Ketua IKAPTK Provinsi Sumsel Achmad Rizwan mengatakan IKAPTK Sumsel merupakan rumah bersama tempat para alumni kepamongprajaan untuk berkarya, berkolaborasi, dan berinovasi agar dapat memberi manfaat untuk semua masyarakat.

Ia menerangkan IKAPTK Sumsel akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemprov Sumsel untuk membantu dan mendukung semua program Gubernur Sumsel.

"Saya mewakili IKAPTK Sumsel jug mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Sumatera Selatan atas kepercayaan dan kepedulian terhadap para purnapraja yang telah dilibatkan serta diberikan kepercayaan dan amanah dalam pelaksanaan tugas dalam setiap kegiatan dan level pada organisasi perangkat daerah pemerintah Provinsi Sumatera Selatan," papar Rizwan.

Sebagai informasi, pelantikan dipimpin Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik . Acara pelantikan IKAPTK Sumsel itu dilaksanakan dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19 seperti pengecekan suhu, penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan, serta peserta menggunakan masker selama kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Akmal turut mengulas kinerja positif Herman Deru. Dikatakan Akmal Pilkada di tujuh Kabupaten/Kota se Sumsel dinilai sukses karena berlangsung dengan lancar dan damai. Selain itu, proses pelantikan enam Bupati terpilih inisiasi Gubernur Herman Deru pada 26 Februari lalu digelar secara secara langsung dan virtual di masa pandemi dengan penerapan Protokol Kesehatan secara ketat diapresiasi Mendagri Jenderal Pol. (Purn.) Muhammad Tito Karnavian

"Pak menteri (Mendagri) mengucapkan terima kasih atas keberhasilan Gubernur Sumsel dan seluruh jajaran forkopimda karena telah melaksanakan Pilkada dengan sangat bagus sekali. Bahkan kita terinspirasi dengan pelantikan Bupati yang dilakukan Sumsel. Pak menteri sangat bangga sekali," urai Akmal.

(akn/ega)