Razia Kendaraan Berknalpot Bising di Sekitar Istana, 182 Pemotor Ditilang

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 16:43 WIB
Razia di sekitar Istana (dok. Istimewa)
Razia di sekitar Istana (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi menggelar razia di sekitar Istana untuk mencegah balap liar hingga kendaraan yang menggunakan knalpot bising. Razia dilakukan di dua lokasi, yaitu Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Perwira.

"Iya tadi kita lakukan di depan Pertamina di Jalan Medan Merdeka Timur mau masuk ke kawasan Monas itu. Lalu sama di Jalan Perwira, kan kita tutup tadi. Itu tadi dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi saat dimintai konfirmasi, Minggu (7/3/2021).

Ada 182 pemotor yang ditilang selama razia. Mereka ditilang karena motor yang dikendarainya menggunakan knalpot bising. Selain itu, 17 kendaraan ditahan oleh polisi.

"Motor itu ada 182 kita tindak, tapi itu tilang ya. Yang ditahan itu ada 17 motor. Pelanggaran awal kan knalpot berisik, pas diperiksa ada yang tidak punya STNK dan SIM, ya ditahan," ucap Lilik.

Lilik mengatakan para pemotor itu ditilang karena dinilai melanggar Pasal 285 ayat 1 Undang-Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Mereka bakal didenda Rp 250 ribu.

"(Pasal) 285 ayat 1 itu (knalpot) berisik ya. Denda Rp 250 ribu," ucap Lilik.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sebelumnya telah melakukan filter di kawasan sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Filter kendaraan ini bertujuan mencegah balap liar, konvoi kendaraan, hingga knalpot bising.

Filter kendaraan ini diuji coba sejak Sabtu (6/3). Dalam hal ini, polisi menindak puluhan kendaraan, di antaranya yang berknalpot bising.

Adapun filter kendaraan ini dilakukan setiap Sabtu dan Minggu. Adapun waktu penutupan hari Sabtu pukul 06.00-10.00 WIB dan hari Minggu pukul 00.00-10.00 WIB.

"Tujuannya untuk demi kenyamanan, keamanan masyarakat yang sedang olahraga, agar tak terganggu oleh knalpot dan konvoi yang biasanya suka ngebut," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Minggu (7/3).

"Untuk mencegah balap liar, polusi suara," lanjutnya.

Untuk mencegah kendaraan knalpot bising dan konvoi ini, polisi akan melakukan penyekatan pada titik-titik menuju kawasan Istana pada jam-jam tersebut. Beberapa jalur ke Istana ditutup bagi kendaraan-kedaraan konvoi, berknalpot bising, dan kebut-kebutan.

Berikut ini rekayasa lalin terkait kegiatan tersebut:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda (kecuali TransJakarta).
2. Jalan Veteran III ditutup total.
3. Depan Pertamina mengarah ke Jl Medan Merdeka Utara dilakukan selektif prioritas.
4. Bundaran Patung Kuda ke arah Jalan Medan Merdeka Barat dilakukan selektif prioritas.

Lihat juga Video: Bikin Berisik, Ratusan Knalpot Brong Dimusnahkan Polres Solo

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)