Airlangga Prihatin soal KLB PD di Sumut, Bicara 'Pengalaman' Golkar

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 19:15 WIB
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) di Deli Serdang, Sumatera Utara, yang disebut ilegal. Airlangga mengaku prihatin apabila ada partai politik yang sedang mengalami masalah.

"Ya tentunya Partai Golkar prihatin kalau ada partai yang ada masalahnya. Dan Partai Golkar berpengalaman," ujar Airlangga di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (6/3/2021).

Diketahui, Partai Golkar juga sempat menghadapi konflik yang hampir sama dengan PD. Saat itu di dalam Golkar ada dua kubu, yakni kubu Aburizal Bakrie (Ical) dan kubu Agung Laksono.

Konflik ini muncul pada 2014 ketika keduanya berbeda dukungan dalam Pilpres 2014. Ical mendukung Prabowo-Hatta, sedangkan Agung Laksono mendukung Jokowi-Jusuf Kalla.

Mereka juga sempat bertarung di meja hijau demi mendapatkan legalitas hukum. Pertarungan jalur hukum terus berlanjut hingga tingkat kasasi. Konflik agak mereda ketika Jusuf Kalla, yang saat itu menjabat Wapres pada 2016, merintis rekonsiliasi di antara kedua kubu. Kedua kubu akhirnya sepakat menggelar Munaslub Golkar di Nusa Dua, Bali, Sabtu (14/4/2016), yang hasilnya memutuskan Setya Novanto sebagai Ketum Golkar.

Kembali ke pernyataan Airlangga, dia mempersilakan semua pihak berproses sesuai hukum yang berlaku. Meski begitu, Airlangga mengaku tak memiliki saran lebih jauh terkait permasalahan PD.

"Tentunya mempersilakan semua berproses secara hukum," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2