Tawuran Warga di Johar Baru, Polisi: Mereka Terpancing Petasan

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 09:54 WIB
ilustrasi tawuran
Ilustrasi tawuran (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video yang memperlihatkan tawuran antarwarga di Johar Baru, Jakarta Pusat, beredar di media sosial. Dalam aksi tawuran itu, kedua kelompok saling serang dengan menggunakan bambu, batu, hingga senjata tajam.

Kapolsek Johar Baru Kompol Supriyadi mengatakan tawuran tersebut terjadi pada Jumat (5/3) sore di Jalan Tanah Tinggi Barat, Johar Baru, Jakpus. Menurut Supriyadi, tawuran terjadi lantaran warga terpancing petasan.

"Ya kayak tawuran yang main-main gitu loh. Mereka pancing pakai petasan. Masyarakat keluar dianggapnya bahwa udah tawuran besar, padahal itu masyarakat yang mau nonton karena tahu ada kembang api," ujar Supriyadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (6/3/2021).

Supriyadi mengatakan kepolisian juga telah mengimbau ketua RT dan RW setempat untuk mengingatkan warganya agar tak mudah terpancing.

"Mereka kan pancing sebelahnya. (Kalau) di sana nggak terpancing, ya nggak terjadi (tawuran). Kita kan arahnya begitu. Kita sampaikan kepada RT-RW-nya, jangan anak-anak terpancing kalau begitu-begitu," ucap dia.

Menurut Supriyadi, tawuran tersebut juga tak seheboh yang beredar di media sosial. Dia berujar tak ada korban dalam tawuran itu.

"Ini kan ada potensi masyarakat, Bhabinkamtibmas kita sampaikan informasi bahwa ada tanda-tanda nih komandan, ada ini-ini, ya sudah, kita langsung bergerak ke sana, nggak seheboh yang itu (beredar di media sosial)," kata Supriyadi.

Selanjutnya, Supriyadi menyebut pihaknya juga telah menelusuri pelaku tawuran yang diduga sebagai aktor.

"Kadang-kadang kendala untuk mendapatkan anak-anak ini masyarakatnya nggak proaktif. Tapi semalam kita coba telusuri, cari informasi, anak-anak yang jadi pemicu-pemicu itu, mereka langsung bubar," tutur dia.

"Ada anak yang kita coba untuk cari tapi sampai saat ini mereka nggak ada di tempat. Ya karena di sini kan masyarakat kadang-kadang tertutup," sambung dia.

Simak video 'Tawuran Antar-remaja Pecah di Manggarai':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)