Cegah COVID-19, Polisi Sediakan 'ATM Masker' di Bandara Soekarno-Hatta

Karin Nur Secha - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 02:23 WIB
ATM masker tersedia di beberapa titik di kawasan Bandara Soetta. Foto dikirim Kasat Reskrim Polres Soetta Kompol Alexander Yurikho.
Foto: ATM masker tersedia di beberapa titik di kawasan Bandara Soetta (dok.istimewa)
Tangerang - Polresta Bandara Soekarno-Hatta melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan COVID-19. Salah satunya dengan menyediakan 'ATM masker' gratis di kawasan lingkungan Bandara Soekarno-Hatta.

"Masker disediakan dalam bentuk etalase atau gerai ATM masker Polresta Bandara Soekarno-Hatta dengan maksud untuk mengurangi interaksi langsung antara petugas dan masyarakat," ujar Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra dalam keterangannya, Jumat (5/2/2021).

"Kegiatan dilaksanakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 dengan praktek 3M melalui kegiatan Bandara Soetta Bermasker," lanjutnya.

Adi berharap dengan tersedianya fasilitas 'ATM masker' ini turut mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara memakai masker sesuai anjuran.

"Bukan hanya dengan pemakaian masker, akan tetapi pemakaian masker yang sesuai kaidah kesehatan yaitu masa pemakaian di 4 atau 5 jam," jelasnya.

'ATM masker' yang disediakan oleh Polresta Bandara Soekarno-Hatta ini terbagi dalam dua bentuk kegiatan. Pertama, dilakukan secara mobile, yaitu hanya akan dilakukan pada saat pelaksanaan salat Jumat maupun acara tertentu saja.

Kedua, dilakukan secara statis, di mana nantinya 'ATM masker' ini ditempatkan pada beberapa titik di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

"(ATM masker statis) tersedia di Mako Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Polsubsektor Terminal 1, Terminal 2 Domestik, Terminal 3 Internasional, Area Cargo dan Area Soewarna," kata Adi.

Pembagian masker secara mobile dimulai sejak Jumat (5/2) siang di masjid di kawasan Bandara Soetta. Pembagian masker ini dilakukan oleh petugas kepolisian yang beragama nonmuslim, ini bertujuan untuk menunjukkan moderasi beragama kepada masyarakat.

"Petugas Polri yang mengawaki kegiatan di masjid pada lingkungan Bandara Soetta adalah yang beragama nasrani dan hindu," ungkap Adi.

(mea/mea)