238 Polisi Amankan Laga Timnas U-23 Vs Persikabo di Stadion Madya

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 15:46 WIB
Pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo batal terlaksana, Rabu (3/3/2021). Stadion Madya tempat dilangsungkannya laga terpantau gelap.
Stadion Madya Senayan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pertandingan Timnas U-23 Indonesia melawan Persikabo yang akan digelar malam ini di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, telah mendapatkan izin kepolisian. Ratusan personel keamanan pun telah disiapkan pihak kepolisian.

"Kesiapan pengamanan dari Polres Jakpus dan Polda Metro Jaya selama dua hari nanti. Setiap pertandingan ada sekitar 238 kekuatan personel yang kita lakukan perbantuan penguatan pengamanan pada saat pertandingan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Yusri mengatakan sejauh ini ada dua pertandingan dari agenda PSSI yang telah mengantongi izin dari kepolisian. Dua pertandingan tersebut masing-masing Timnas U-23 melawan Persikabo yang digelar malam ini.

"Kemudian tanggal 7 Maret antara Timnas U-23 Sea Games dengan Bali United di Stadion Madya Senayan Jakarta," sambung Yusri.

Selain itu, meski telah mengantongi izin pertandingan, Yusri mengatakan setidaknya ada beberapa persyaratan yang tetap harus dijalankan panitia dalam pertandingan tersebut. Persyaratan itu, sambung Yusri, berkaitan dengan aturan protokol kesehatan.

Peraturan pertama yang tetap harus diikuti panitia adalah tidak adanya penonton yang hadir langsung di dua pertandingan tersebut. Yusri menegaskan pihaknya melarang keras pertandingan itu dihadiri penonton selain dari masing-masing official tim.

"Kedua, maksimal para pemain, official, dan perangkap pertandingan cuman 272 orang, termasuk di dalamnya unsur-unsur dari pejabat terkait, termasuk teman-teman media dan pengamanan yang di dalam karena tetap harus mematuhi protokol kesehatan COVID-19," tutur Yusri.

Sebelumnya izin pertandingan Timnas U-23 melawan Persikabo di Stadion Madya Senayan pada Rabu (3/3) ditunda oleh kepolisian. Hal itu menyusul izin yang dilayangkan oleh PSSI tergolong mepet.

Saat itu, pihak kepolisian baru menerima izin dari PSSI pada pagi. Padahal, pertandingan yang digelar berlangsung pada sore hari.

Tonton video 'Polri Izinkan Timnas U-23 Tanding Lawan PS Tira dan Bali United':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)