20 Titik Harta Karun Abad 17-PD II Diduga di Perairan Sulsel Milik Siapa?

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 14:55 WIB
Harta karun di perairan Selayar, Sulsel.
Harta karun bawah laut di Sulsel. (dok. BPCB Makassar)

Sebelumnya diberitakan, wilayah perairan Sulawesi Selatan (Sulsel) diduga memiliki harta karun bawah laut peninggalan abad ke-17 hingga Perang Dunia Kedua. Dari 20 titik yang diduga menjadi lokasi harta karun, salah satunya berada di perairan Kepulauan Selayar.

"Daerah ini (perairan Selayar) sejak jaman dahulu sebagai tempat yang strategis dalam jalur pelayaran di Nusantara. Pelayaran di masa lalu identik dengan aktifitas perdagangan dan pendistribusian komoditi dari satu daerah ke daerah lainnya," kata Arkeolog Universitas Hasanuddin (Unhas) Yadi Mulyadi saat dihubungi wartawan, Kamis (4/3).

Yadi mengungkapkan lokasi situs arkeologi bawah air tersebut adalah Perairan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar. Berdasarkan informasi dan kesepakatan dari masyarakat setempat, lokasi tersebut dinamakan Situs Sangkulu-Kulu.

"Secara arkeologis hal ini terbuktikan dengan adanya situs-situs arkeologi bawah air di Selayar berupa kapal karam atau muatan kapal karam seperti keramik dan koin mata uang," ungkapnya.

Keberadaan situs ini pertama kali diketahui pada Desember 2004, dengan adanya laporan dari salah seorang anggota Direktorat Polisi Perairan Polda Sulawesi Selatan terkait dengan temuan barang berupa keramik tua di Perairan Selayar.


(nvl/idh)