Ketua DPRD Jambi Puji Upaya Masyarakat Cegah Karhutla di Muntialo

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 22:38 WIB
DPRD Jambi
Foto: DPRD Jambi
Jakarta -

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menyambangi posko membumi sigap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dalam kunjungan ini, ia didampingi pula oleh Kapolda Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dan Wakapolda Brigjen Pol Yudawan R serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Bachyuni.

Diketahui, sebelumnya mereka telah memantau upaya pencegahan Karhutla di Desa Puding Kabupaten Muaro Jambi. Adapun lokasi ini sempat viral pada tahun 2019 sebab langitnya memerah akibat karhutla hebat.

Selain itu, hadir pula dalam rombongan beberapa pejabat utama Polda. Di antaranya Direskrimsus, Dir Intel, Dansat Brimob, Dirpolair, dan Dirsamapta.

Rombongan ini pun disambut langsung oleh Dandim Tanjab, juga Bupati, Wakil Bupati, Sekda Tanjung Jabung Barat. Hadir pula Wakil ketua DPRD dan Anggota DPRD Provinsi Faisal Reza.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengatakan dirinya bersama Kapolda memantau langsung kesiapan tim di lapangan. Ia melanjutkan, tujuannya untuk melakukan langkah-langkah yang cepat dan tepat baik dalam mencegah dan memadamkan api.

Edi pun menegaskan masalah Karhutla bukan hanya tugas TNI/Polri saja, tapi dibutuhkan juga sinergitas berbagai pihak. Baik Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. Termasuk juga partisipasi masyarakat dan perusahaan.

"Ini untuk melakukan mitigasi, kontingensi dan tindakan lainnya. Kemudian dukungan pendanaan yang cukup harus disiapkan baik Pemprov maupun Pemkab," kata Edi dalam keterangan tertulis, Kamis (4/3/2021).

Edi meyakini, melalui sinergi dan langkah-langkah pencegahan yang sudah dilakukan, dampak karhutla dapat dikurangi. Terutama di daerah-daerah yang memang menjadi langganan karhutla setiap tahunnya. Ia pun menilai peran perusahaan dapat juga menjadi garda dalam terdepan mencegah karhutla di wilayahnya.

Selain itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Muntialo atas kepeduliannya mencegah karhutla. Ia mengungkap, salah satu inovasi yang dilakukan dalam penanganan pencegahan Karhutla yaitu menjadikan bekas tebangan batang menjadi pupuk. Tak hanya itu, lanjutnya, masyarakat juga bergotong royong membersihkan kanal.

Edi menyampaikan, pada kegiatan diserahkan pula bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

(ega/ega)